Search for collections on Undip Repository

Analisis Kandungan Energi dan Zat Gizi Makro “Bubur Bayi Sehat” Dan Kontribusinya Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Gizi Bayi 6 – 12 Bulan di Kecamatan Banyumanik

Devi Aristi Nugraha, Chatarina and Ayustaningwarno, Fitriyono and Sandi Wijayanti, Hartanti and Nuryanto, Nuryanto Analisis Kandungan Energi dan Zat Gizi Makro “Bubur Bayi Sehat” Dan Kontribusinya Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Gizi Bayi 6 – 12 Bulan di Kecamatan Banyumanik. -. (Unpublished)

[img] Text
abstrak-Chatarina.pdf

Download (191kB)

Abstract

Latar Belakang: Bubur bayi sehat adalah MP-ASI lokal yang dijual Pedagang Kaki Lima (PKL) dan marak dikonsumsi bayi saat ini. Namun, belum diketahui kandungan gizi dan kontribusinya terhadap pemenuhan kebutuhan gizi bayi.
Tujuan: Penelitian bertujuan untuk mengetahui kandungan energi dan zat gizi makro bubur bayi sehat PKL, kontribusinya terhadap pemenuhan kebutuhan dari MP-ASI pada bayi usia 6 – 12 bulan, dan menu terbaik berdasarkan kandungan gizi.
Metode: Desain penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah bubur bayi sehat PKL dari 6 produsen. Analisis proksimat dilakukan untuk mengetahui kandungan air, abu, protein, lemak, karbohidrat, dan energi. Densitas energi dan zat gizi dibandingkan dengan SNI MP-ASI Siap Santap. Analisis persentase kontribusi energi dan zat gizi ditentukan melalui perbandingan antara kandungan energi dan zat gizi bubur bayi sehat dengan estimasi kebutuhan dari MP-ASI. Penentuan menu terbaik menggunakan metode additive weighting technique.
Hasil: Densitas energi antara 0.41 – 0.95 kkal/g, densitas protein 2.09 – 3.28 g/100 kkal dan densitas lemak 1.47 – 2.93 g/100 kkal. Densitas protein dan lemak memenuhi SNI MP-ASI Siap Santap sedangkan densitas energi tidak memenuhi. Kontribusi energi berkisar antara 21% – 54%, protein 33% – 80%, lemak 18% – 50%, dan karbohidrat 20% – 56% dari kebutuhan MP-ASI. Menu terbaik berdasarkan kandungan gizi makro yang tinggi dan harga yang murah adalah bubur dari produsen 1 dan nasi tim dari produsen 3.
Simpulan: Kandungan protein dan lemak bubur bayi sehat memenuhi SNI, tetapi kandungan energi tidak memenuhi. Bubur bayi sehat berkontribusi setidaknya sepertiga (30%) dari total kebutuhan dari MP-ASI. Bubur produsen 1 dan nasi tim produsen 3 merupakan menu terbaik berdasarkan kandungan gizi makro yang tinggi dan harga yang murah.

Kata kunci: Bubur bayi sehat, MP-ASI, Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat, Kontribusi, Bayi 6 – 12 bulan

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 21 Jun 2023 04:25
Last Modified: 21 Jun 2023 04:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13702

Actions (login required)

View Item View Item