Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN USIA, JENIS PEKERJAAN, KEPATUHAN PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD), DAN KELAYAKAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) TERHADAP KELUHAN DERMATITIS PADA PEKERJA PEMBUATAN TIMBANGAN PT. A, KABUPATEN TANGERANG

RUSDHIANATA, AUDHINA PUTRI (2023) HUBUNGAN USIA, JENIS PEKERJAAN, KEPATUHAN PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD), DAN KELAYAKAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) TERHADAP KELUHAN DERMATITIS PADA PEKERJA PEMBUATAN TIMBANGAN PT. A, KABUPATEN TANGERANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO AUDHINA.pdf - Published Version

Download (365kB)

Abstract

Terjadinya peradangan kulit yang disebabkan oleh paparan pekerjaan ditempat kerja disebut penyakit kulit yang timbul akibat pekerjaan (occupational dermatoses). Dermatitis kontak ialah setengah dari seluruh penyakit akibat kerja dengan jumlah paling banyak yang bersifat non-alergi atau iritan. Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, maka semakin meningkat juga kerentanan seseorang terhadap penyakit. Pada kaitannya dengan Dermatitis, apabila pekerja tidak menggunakan APD ketika melakukan pekerjaan atau APD yang digunakan tidak layak maka dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan usia, jenis pekerjaan, kepatuhan pemakaian alat pelindung diri (APD), dan kelayakan alat pelindung diri (APD) terhadap keluhan dermatitis kulit pada pekerja pembuatan timbangan di PT. A. Dengan menggunakan pendekatan cross sectional dan survei analitik, penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Semua tenaga kerja di PT. A yang berjumlah 50 orang menjadi populasi dalam penelitian ini. Kemudian digunakan metode total sampling untuk mendapatkan 50 orang pekerja sebagai sampel penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kepatuhan pemakaian APD (p=0,000) terhadap terjadinya keluhan dermatitis dan tidak terdapat hubungan antara usia (p=0,870), jenis pekerjaan (p=0,732), dan kelayakan APD (p=0,783) terhadap terjadinya keluhan dermatitis.

Kata kunci : Kepatuhan Pemakaian APD; Kelayakan APD; Keluhan Dermatitis; Pekerja Pembuatan Timbangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:21
Last Modified: 21 Jun 2023 03:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13701

Actions (login required)

View Item View Item