Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN RIWAYAT PAPARAN PESTISIDA DENGAN KEJADIAN DIABETES MELITUS TIPE 2 PADA PETANI BAWANG MERAH DI KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL

AULIANSYAH, MUHAMAD RIZQ (2023) HUBUNGAN RIWAYAT PAPARAN PESTISIDA DENGAN KEJADIAN DIABETES MELITUS TIPE 2 PADA PETANI BAWANG MERAH DI KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO M RIZQ.pdf - Published Version

Download (433kB)

Abstract

Pertanian merupakan sektor yang banyak digeluti oleh masyarakat Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, sehingga menjadi mata pencaharian utama. Komoditas yang diunggulkan di Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal adalah bawang merah, tanaman ini dikenal luas perlu penanganan khusus terkait perawatannya. Petani kerap menggunakan pestisida berlebih untuk menjaga hasil pertaniannya, hal ini menimbulkan residu pestisida yang berbahaya bagi kesehatan. EDCs sebagai kandungan dari pestisida mampu mengganggu metabolisme karbohidrat dan lipid, yang selanjutnya akan menyebabkan kejadian diabetes melitus tipe 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara riwayat paparan pestisida dengan kejadian diabetes melitus tipe 2 pada petani bawang merah di Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal. Penelitian ini berjenis observasional analitik dengan desain studi case control. Populasi adalah seluruh petani di Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal dengan jumlah sampel 32 pada masing-masing kelompok. Sampel untuk kelompok kasus diambil secara stratified random sampling dan kelompok kasus secara accidental sampling. Sampel disamakan melalui kriteria kelompok umur, desa, dan jenis kelamin. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square. Hasil menunjukkan bahwa faktor yang berhubungan dengan kejadian diabetes melitus tipe 2 adalah penggunaan APD (p=0,018), kebiasaan mencuci tangan (p=0,000), cara penyimpanan pestisida (p=0,045), dan status kerja (p=0,047). Faktor yang tidak berhubungan yaitu dosis pestisida (p=0,672), masa kerja (p=1,000), dan frekuensi penyemprotan (p=0,534). Sementara jenis pestisida dan jumlah jenis campuran pestisida tidak dapat dianalisis karena konstan. Penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa penggunaan APD, kebiasaan mencuci tangan, cara penyimpanan pestisida, dan status kerja memiliki hubungan dengan kejadian diabetes melitus tipe 2 pada petani di Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal.

Kata kunci : pestisida, diabetes melitus tipe 2

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 20 Jun 2023 08:53
Last Modified: 20 Jun 2023 08:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13683

Actions (login required)

View Item View Item