Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH DENGAN IMPLEMENTASI PROGRAM PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING OLEH TIM PENDAMPING KELUARGA (TPK) DI KABUPATEN PATI

ARIYANTO, BENEDICTA STEFFANI (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH DENGAN IMPLEMENTASI PROGRAM PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING OLEH TIM PENDAMPING KELUARGA (TPK) DI KABUPATEN PATI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO BENEDICTA.pdf - Published Version

Download (367kB)

Abstract

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis sejak di dalam kandungan atau terjadi selama 1.000 Hari Pertama Kehidupan. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, salah satu prioritas kegiatan di dalam Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Stunting adalah pelaksanaan pendampingan dan surveilans keluarga berisiko stunting, serta pendampingan semua calon pengantin/calon Pasangan Usia Subur oleh Tim Pendamping Keluarga. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh dengan implementasi program percepatan penurunan stunting oleh Tim Pendamping Keluarga di Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross-sectional. Variabel penelitian ini adalah standar dan tujuan kebijakan, dana/anggaran, fasilitas, fragmentasi tugas/wewenang, komunikasi, sikap pelaksana, komitmen, dan implementasi program percepatan penurunan stunting oleh Tim Pendamping Keluarga di Kabupaten Pati. Sampel berjumlah 132 responden yang didapatkan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis menggunakan uji regresi logistik sederhana. Hasil analisis regresi logistik sederhana menunjukkan bahwa variabel fragmentasi tugas/wewenang dan komitmen berpengaruh dengan implementasi program percepatan penurunan stunting oleh Tim Pendamping Keluarga di Kabupaten Pati (nilai p < 0,05). Sedangkan variabel standar dan tujuan kebijakan, dana/anggaran, fasilitas, komunikasi, dan sikap pelaksana tidak berpengaruh dengan implementasi program percepatan penurunan stunting oleh Tim Pendamping Keluarga di Kabupaten Pati (nilai p > 0,05).

Kata kunci : stunting, implementasi kebijakan/program, tim pendamping
keluarga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:57
Last Modified: 20 Jun 2023 06:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13666

Actions (login required)

View Item View Item