Rizkia, Reza Amalia (2023) Gambaran academic burnout pada pelajar yang melakukan pembelajaran tatap muka di era pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
SKRIPSI REZA AMALIA-cover - abstrak.pdf Download (440kB) |
|
Text
SKRIPSI REZA AMALIA BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
|
Text
BISMILLAH RIPSI RREZA AMALIA-BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
|
Text
SKRIPSI REZA AMALIA BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
|
Text
SKRIPSI REZA AMALIA-BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
Text
SKRIPSI REZA AMALIA- BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
Text
SKRIPSI REZA AMALIA- BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
SKRIPSI REZA AMALIA- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) |
|
Text
SKRIPSI REZA AMALIA- LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (951kB) |
Abstract
Pendidikan di Indonesia pada tahun 2022 mengalami perubahan sistem pembelajaran dari daring menjadi pembelajaran tatap muka penuh, hal ini sejalan dengan menurunnya angka covid-19 di Indonesia. Perubahan tersebut menimbulkan ketidaksiapan dan adaptasi baru bagi seluruh lapisan pendidikan terutama bagi siswa, proses adaptasi tersebut banyak menimbulkan dampak bagi pihak sekolah salah satunya adalah academic burnout atau kejenuhan belajar. Academic burnout adalah adalah kondisi lelah belajar dikarenakan tuntutan pendidikan, sikap acuh terhadap tugas – tugas studi yang diberikan, dan merasa tidak mampu dalam menyelesaikan tugas atau pendidikan yang sedang ditempuh, kondisi ini berdampak pada kelelahan emosional (exhaustion), perasaan sinis (cynism), dan penurunan pencapaian personal (personal inadequency). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran academic burnout pada pelajar yang melakukan pembelajaran tatap muka di Era Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelajar di Sekolah Menengah Pertama sebanyak 291, dengan pemilihan sampel menggunakan proportionate startifed random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah school burnout inventory (SBI) yang telah diterjemahkan dan diuji nilai validitasnya sebesar 0,868 serta nilai reliabilitasnya 0,831. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang telah dilengkapi dengan informed consent sebagai bukti perizinan untuk orang tua responden. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan distribusi frekuensi dan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan hampir separuh responden 132 (45, 4 %) mengalami academic burnout kategori sedang. Oleh karena itu, perlu penanganan dari pihak sekolah sehingga dampak academic burnout tidak bertambah buruk.
Kata Kunci : Academic Burnkout, Pelajar, Pembelajaran Tatap Muka
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Nursing |
Depositing User: | Nisnaeni_ N_ Keperawatan_FK |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 04:28 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 04:28 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13651 |
Actions (login required)
View Item |