Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN PROFIL LIPID DAN ALBUMIN DENGAN STATUS SARKOPENIA PADA SINDROMA METABOLIK LANJUT USIA

Rosetya, Mareta and Ngestiningsih, Dwi and Pemayun, Tjokorda (2023) HUBUNGAN PROFIL LIPID DAN ALBUMIN DENGAN STATUS SARKOPENIA PADA SINDROMA METABOLIK LANJUT USIA. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (MARETA ISTI ROSETYA-22040218320013-TESIS-ABSTRAK)
MARETA ISTI ROSETYA-22040218320013-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (50kB)

Abstract

Latar Belakang: Prevalensi lanjut usia (lansia) diketahui selalu meningkat seiring tahun. Lansia umumnya telah mengalami sekumpulan penyakit degeneratif yang meningkatkan resiko mortalitas dan morbiditas. Sarkopenia, salah satu kondisi degeneratif, memiliki kerterkaitan erat dengan lansia, terutama pada lansia dengan sindrom metabolik, karena terjadi penurunan massa otot dan digantikan oleh massa lemak. Kadar albumin yang rendah juga berhubungan dengan penurunan massa otot, yang memperparah kondisi sarkopenia. Sindrom metabolik yang juga sering terjadi pada lansia berkaitan dengan peningkatan morbiditas dan mortalitas.

Tujuan: Mengetahui hubungan antara profil lipid dan albumin dengan status sarkopenia pada sindroma metabolik lanjut usia.

Metode: Penelitian observasional analitik dengan desain belah lintang. Sejumlah 42 lansia dengan sindrom metabolik dimasukkan sebagai subjek penelitian. Kadar profil lipid dan albumin diukur dengan menggunakan sampel darah vena. Status sarkopenia dinilai dengan melakukan pemeriksaan performa fisik, kekuatan genggaman tangan dan BIA. Analisis bivariat dilakukan dengan menggunakan uji T independent dan uji Mann Whitney. Signifikan p<0.05

Hasil: Kadar kolesterol total, trigliserid, dan LDL lebih tinggi didapatkan pada kelompok sarkopenia dibandingkan non sarkopenia dengan perbedaan yang signifikan (p<0,001; p<0,001; p<0,001). Kadar HDL lebih rendah didapatkan pada kelompok sarkopenia dibandingkan non sarkopenia dengan perbedaan yang signifikan (p<0,001). Kadar albumin lebih rendah didapatkan pada kelompok sarkopenia dibandingkan non sarkopenia, namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan (p=0,177).

Kesimpulan: Terdapat hubungan antara profil lipid dengan status sarkopenia pada sindroma metabolik lanjut usia.

Kata Kunci: albumin, lanjut usia, profil lipid, sarkopenia, sindrom metabolik

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: albumin, lanjut usia, profil lipid, sarkopenia, sindrom metabolik
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 23 Jun 2023 07:57
Last Modified: 23 Jun 2023 07:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13641

Actions (login required)

View Item View Item