Search for collections on Undip Repository

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN KELAS IBU MENYUSUI BAYI SEHAT LULUS ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIDOREKSO

MELATI, SALSABILLA RAHMA (2023) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN KELAS IBU MENYUSUI BAYI SEHAT LULUS ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIDOREKSO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO SALSABILLA.pdf - Published Version

Download (430kB)

Abstract

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif pada bayi memiliki peran yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya karena mengandung zat gizi esensial. Kelas Ibu Menyusui Bayi Sehat Lulus ASI Eksklusif (Kebun Selasi) merupakan program yang dirancang untuk mendukung upaya intervensi lanjut dalam peningkatan capaian ASI eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Sidorekso, Kabupaten Kudus. Peningkatan partisipasi sasaran yaitu ibu menyusui yang memiliki bayi usia 0–6 bulan dalam memanfaatkan kelas ibu menyusui terus menjadi prioritas untuk mencapai keberhasilan layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh signifikan terhadap pemanfaatan kelas ibu menyusui bayi sehat lulus ASI eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Sidorekso. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional survey dengan kuesioner yang dilakukan pada 67 ibu menyusui yang memiliki bayi usia 0 – 6 bulan. Pengolahan data dilakukan secara univariat, bivariat dengan uji chi-square, dan multivariat dengan regresi logistik berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya pengaruh signifikan variabel pekerjaan, pengetahuan, sikap, dukungan petugas kesehatan, dan persepsi kerentanan terhadap pemanfaatan kelas ibu menyusui. Dengan analisis multivariat dapat diketahui bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap pemanfaatan kelas ibu menyusui adalah dukungan petugas kesehatan (p = 0,017, OR : 27,212). Perlunya meningkatkan promosi dan penyebar luasan informasi dengan memanfaatkan media sosial, memaksimalkan peran kader kesehatan serta tokoh masyarakat, dan kolaborasi antar lembaga pemerintahan untuk mendukung terlaksananya kelas ibu menyusui diharapkan dapat meningkatkan pemanfaatan kelas ibu menyusui bayi sehat lulus ASI eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Sidorekso.

Kata Kunci : Pemanfaatan pelayanan kesehatan, kelas ibu menyusui, dukungan petugas kesehatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:11
Last Modified: 20 Jun 2023 03:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13639

Actions (login required)

View Item View Item