Search for collections on Undip Repository

Hubungan Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas layanan terhadap Kepuasan Pengguna pada layanan Administrasi Kependudukan berbasis Aplikasi Genduk Manis di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Magelang

Sherina, Shania Scheilla (2022) Hubungan Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas layanan terhadap Kepuasan Pengguna pada layanan Administrasi Kependudukan berbasis Aplikasi Genduk Manis di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Magelang. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover .pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I .pdf - Submitted Version

Download (970kB)
[img] Text
BAB II .pdf - Submitted Version

Download (899kB)
[img] Text
BAB III .pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV .pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
Daftar Pustaka .pdf - Submitted Version

Download (461kB)
[img] Text
Lampiran .pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Globalisasi mendukung adanya reformasi birokrasi di pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sehingga banyak berlomba-lomba menciptakan e-government.Fenomena ini juga didukung dengan adanya pandemi covid-19 yang menyebabkan layanan publik harus memanfaatkan teknologi komunikasi dalam kegiatannya.Pemerintah Jawa Tengah melalui Dispermadesdukcapil membuat aplikasi administrasi kependudukan. Salah satu aplikasinya bernama Aplikasi Genduk Manis yang diberikan kepada Disdukcapil Kabupaten Magelang. Administrasi kependudukan yang bisa diajukan melalui aplikasi tersebut meliputi akta kelahiran, akta kematian, kartu identitas anak (KIA), kartu keluarga (KK), pindah keluar, pindah masuk, sinkronisasi data. Namun, Aplikasi Genduk Manis masih dirasa belum mampu memberikan pelayanan kependudukan yang prima karena aplikasi masih sering eror ketika digunakan, informasi yang ada di aplikasinya belum terkini dan lengkap, dan layanan yang diberikan melalui aplikasi belum maksimal karena adanya kendala tadi dan tanggapan dari pegawai atas permintaan layanan yang masuk tergolong memakan waktu yang lama.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur hubungan kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna, kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna, kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna, dan secara bersama sama kualitas sistem, kualitas infomrasi, dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna. Metode penelitian ini adalah kuantitaif dengan mengumpulkan data menggunakan kuisioner terbuka kepada masyarakat yang pernah menggunakan Aplikasi Genduk Manis dan telah berusia diatas 18 tahun. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan test the correlation hypothesis between variables. Hasil peneltian menunjukan bahwa kualitas sistem memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 48,6%, kualitas informasi memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 33,1 %, kualitas layanan memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 37 %, serta secara simultan kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan memiliki hubungan yang signifikan terhadap kepuasan pengguna dengan F hitung sebesar 165,011 lebih dari F tabel sebesar 2,70. Selain itu, dalam uji R Square diketahui kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 84,9%.
Kata Kunci : Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Kepuasan Pengguna

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:00
Last Modified: 20 Jun 2023 03:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13637

Actions (login required)

View Item View Item