Harsel, Yufenty Christin (2023) Gambaran Interaksi Caring Perawat dengan Pasien Di RSUD Ruteng. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
BAB I (6).pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
|
Text
BAB II (6).pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
Text
BAB III (6).pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
|
Text
BAB IV (6).pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
|
Text
BAB V (6).pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
|
Text
BAB VI (6).pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
|
Text
COVER-ABSTRAK (2).pdf Download (361kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (8).pdf Download (166kB) |
|
Text
LAMPIRAN (11).pdf Download (825kB) |
Abstract
Perilaku caring merupakan fokus dan sentral dalam praktek keperawatan, suatu tindakan atau perilaku yang dilakukan untuk memberikan rasa aman secara fisik dan psikis dengan orang lain dengan tulus. Perawat sering mengabaikan perilaku caring dalam interaksinya dengan pasien. Rendahnya tingkat perawatan afektif perawat dan kurangnya pendekatan individu dan manusiawi sebagian adalah konsekuensi dari beban kerja yang berat disebabkan oleh pekerjaan tambahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran interaksi caring perawat dengan pasien di RSUD Ruteng. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dekriptif dengan desain menggunakan metode penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat yang bertugas di ruang rawat inap RSUD Ruteng sejumlah 106 perawat dengan teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner Caring Nurse-Patient Interactions (CNPI-23N). Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi caring perawat dengan pasien di ruang rawat inap rumah sakit sebesar 87,7% dalam kategori baik dan sebesar 12,3% dalam kategori cukup. Dimensi Clinical care merupakan dimensi dengan nilai tertinggi sebesar 100% responden dalam kategori baik, sedangkan dimensi relational care merupakan dimensi dengan nilai terendah sebesar 25,5 % responden dalam kategori cukup dan 4,7% responden dalam kategori rendah. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan interaksi caring perawat dengan pasien sudah baik. Profesi keperawatan dan pihak rumah sakit diharapkan terus berupaya meningkatkan pengetahuan dan pelatihan tentang interaksi caring serta terus mempertahankan kualitas atau mutu pelayanan asuhan keperawatan.
Kata Kunci : Interaksi caring, Pasien, Perawat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Nursing |
Depositing User: | Nisnaeni_ N_ Keperawatan_FK |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 04:54 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 07:36 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13597 |
Actions (login required)
View Item |