Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN PENERAPAN ALAT PEMADAM API RINGAN (APAR) DALAM IMPLEMENTASI SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN AKTIF DI SMA ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG

AZIZAH, ALAINA (2023) TINJAUAN PENERAPAN ALAT PEMADAM API RINGAN (APAR) DALAM IMPLEMENTASI SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN AKTIF DI SMA ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ALAINA.pdf - Published Version

Download (181kB)

Abstract

Kebakaran merupakan kejadian yang tidak diinginkan serta menimbulkan kerugian. Alat Pemadam Api Ringan merupakan salah satu dari beberapa jenis sistem proteksi kebakaran aktif untuk memadamkan api diawal terjadinya kebakaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di SMA Islam Hidayatullah Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam serta observasi dengan melibatkan 7 (tujuh) informan utama dan 3 (tiga) informan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu alat pemadam api ringan yang berada di SMA Islam Hidayatullah Semarang sudah menerapkan sesuai dengan peraturan yang berlaku, meluputi kondisi APAR yang terpasang, pemasangan APAR, pemeliharaan APAR. Namun masih terdapat ketidaksesuaian penerapan alat pemadam api ringan (APAR) di SMA Islam Hidayatullah Semarang sesuai dengan peraturan yang berlaku, seperti tidak ada pemasangan tanda APAR, tinggi puncak APAR melebihi standar 120 cm dari dasar lantai, tidak ada pemeriksaan APAR jangka waktu 6 bulan, tidak dilakukannya percobaan tekan secara berkala, tidak ada dokumentasi pengelolaan APAR. Saran dari penelitian ini adalah untuk mengadakan pemasangan tanda APAR dan menyesuaikan Kembali tinggi puncak APAR, melakukan percobaan tekan secara berkala pada PAR, melakukan dokumentasi pengelolaan APAR sesuai yang dianjurkan.

Kata Kunci : alat pemadam api ringan, sistem proteksi kebakaran aktif, kebakaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:48
Last Modified: 19 Jun 2023 03:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13594

Actions (login required)

View Item View Item