Search for collections on Undip Repository

ANALISIS IMPLEMENTASI STANDAR PELAYANAN MINIMAL BIDANG KESEHATAN PADA PELAYANAN KESEHATAN PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS PASIR JATI KOTA BANDUNG

ASIH, ANNISA KUMALA (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI STANDAR PELAYANAN MINIMAL BIDANG KESEHATAN PADA PELAYANAN KESEHATAN PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS PASIR JATI KOTA BANDUNG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ANNISA KUMALA.pdf - Published Version

Download (246kB)

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari kerangka berpikir bahwa standar pelayanan minimal bidang kesehatan adalah bentuk pemenuhan hak paling dasar yang diberikan oleh pemerintah daerah kepada masyarakatnya. Capaian terendah dalam standar pelayanan minimal bidang kesehatan di Kota Bandung yaitu pelayanan kesehatan penderita hipertensi. Pada tahun 2020, Puskesmas Pasir Jati mendapatkan urutan capaian standar pelayanan minimal pada pelayanan hipertensi paling rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi kebijakan standar pelayanan minimal bidang kesehatan pada pelayanan kesehatan hipertensi di Puskesmas Pasir Jati Kota Bandung. Analisis penelitian ini dilakukan dengan pendekatan top-down melalui kajian teori Merilee S. Grindle yang memperhatikan aspek isi kebijakan, konteks implementasi serta hasil kebijakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif berupa wawancara mendalam dan observasi langsung. Dalam penelitian ini, subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi standar pelayanan minimal bidang kesehatan pada pelayanan hipertensi di Puskesmas Pasir Jati belum berjalan secara optimal. Dalam pelaksanaannya terdapat kendala yang menghambat yaitu sumber daya manusia kesehatan dan anggaran yang terbatas serta luas jangkauan pelayanan belum menyeluruh di wilayah kerja. Menariknya, penelitian ini memiliki nilai kebaruan yakni masih terdapat masyarakat sasaran yang tidak menganggap penting adanya kebijakan standar pelayanan minimal kesehatan pada pelayanan hipertensi, hal tersebut memunculkan adanya ketidakpatuhan dari masyarakat sasaran. Penelitian ini menyarankan pihak Puskesmas Pasir Jati untuk terus meningkatkan pelayanan hipertensi yang sesuai standar dan menciptakan berbagai program inovasi untuk mendukung pencapaian target standar pelayanan minimal bidang kesehatan pada pelayanan hipertensi.

Kata Kunci: Hipertensi, SPM Bidang Kesehatan, Implementasi Kebijakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:18
Last Modified: 19 Jun 2023 03:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13588

Actions (login required)

View Item View Item