Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Persepsi terhadap Harapan Orang Tua dengan Pengambilan Keputusan Karier pada Siswa Kelas XII SMK Pelita Nusantara 1 Semarang

Muna, Fadhila Harinda and Ediati, Annastasia (2023) Hubungan antara Persepsi terhadap Harapan Orang Tua dengan Pengambilan Keputusan Karier pada Siswa Kelas XII SMK Pelita Nusantara 1 Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB)

Abstract

Kelas XII merupakan saat-saat yang krusial bagi siswa SMK dalam memutuskan pilihan kariernya. Karier yang dipilih tidak hanya mempertimbangkan dirinya sendiri, namun siswa juga dihadapkan pada berbagai hal di sekitarnya, salah satunya adalah harapan orang tua. Persepsi terhadap harapan orang tua merupakan penilaian dan cara pandang siswa terhadap keinginan yang ada dalam diri orang tua terhadap pilihan dan keputusan karier yang akan dilakukan oleh anaknya di masa depan. Persepsi anak terhadap harapan orang tua berpengaruh pada langkah yang akan diambil ke depannya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap harapan orang tua dengan pengambilan keputusan karier pada siswa kelas XII SMK Pelita Nusantara 1 Semarang. Populasi penelitian berjumlah 200 siswa kelas XII SMK Pelita Nusantara 1 Semarang. Sampel penelitian berjumlah 120 yang ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan dua skala penelitian, yaitu Skala Pengambilan Keputusan Karier (25 aitem; α= 0,912) dan Skala Perception of Parental Expectation atau Skala Persepsi terhadap Harapan Orang Tua (22 aitem, α=0,859). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap harapan orang tua dengan pengambilan keputusan karier (rxy=0,358; p<0,001). Artinya, semakin positif persepsi anak terhadap harapan orang tua, maka semakin baik kemampuan pengambilan keputusan karier pada siswa, dan sebaliknya. Persepsi terhadap harapan orang tua memberikan sumbangan efektif sebesar 12,9% terhadap variabel pengambilan keputusan karier.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 08:38
Last Modified: 05 Feb 2024 08:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13565

Actions (login required)

View Item View Item