Search for collections on Undip Repository

ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DETEKSI DINI KANKER SERVIKS DAN KANKER PAYUDARA DI PUSKESMAS KECAMATAN KEBAYORAN LAMA

FATIMAH, FATIMAH (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DETEKSI DINI KANKER SERVIKS DAN KANKER PAYUDARA DI PUSKESMAS KECAMATAN KEBAYORAN LAMA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO FATIMAH.pdf - Published Version

Download (254kB)

Abstract

Latar Belakang: Kebijakan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara merupakan kebijakan dari pemerintah yang memiliki tujuan untuk mengatasi dan menanggulangi kanker serviks dan kaner payudara. Pada tahun 2021 Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama merupakan puskesmas dengan capaian pemeriksaan IVA dan SADANIS paling rendah di Jakarta Selatan yaitu 0,0% dan meningkat pada tahun 2022 menjadi 2,95%, dimana angka ini masih jauh dari target nasional yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kebijakan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara di Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama agar dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi proses implementasi kebijakan melalui pendekatan teori George Edward III.
Metode: Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui wawancara mendalam terhadap 3 informan utama dan 4 informan triangulasi. Dalam penelitian subjek dipilih melalui teknik purposive sampling.
Hasil: Hasil dari penelitian ini yaitu permasalahan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara melalui metode IVA dan SADANIS dalam mencapai target pemeriksaan yang telah ditetapkan yaitu belu optimalnya sosialisasi, promosi, dan edukasi kepada kader kesehatan, masyarakat, pengunjung puskesmas maupun kepada WUS, SDM pemeriksaan IVA dan SADANIS belum seluruhnya mendapatkan pelatihan, tidak adanya fasilitas krioterapi, kurangnya komunikasi antara penanggung jawab program PTM terkait jumlah dan target sasaran pemeriksaan kepada bidan pelaksana, serta rendahnya kesadaran WUS untuk melakukan deteksi dini kanker serviks dan payudara di fasilitas kesehatan.

Kata kunci : Implementasi, kebijakan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara, IVA, SADANIS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 16 Jun 2023 07:49
Last Modified: 16 Jun 2023 07:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13557

Actions (login required)

View Item View Item