Search for collections on Undip Repository

PENGARUH SUPLEMENTASI KOMBINASI EKSTRAK HERBAL TERHADAP PERUBAHAN KADAR PROFIL LIPID DAN GHRELIN PADA STROKE INFARK DISERTAI DISLIPIDEMIA YANG MENDAPATKAN TERAPI STATIN

RINALDI, DICKY and Husni, Amin and Retnaningsih, Retnaningsih and Kustiowati, Endang and SURYAWATI, HERLINA (2023) PENGARUH SUPLEMENTASI KOMBINASI EKSTRAK HERBAL TERHADAP PERUBAHAN KADAR PROFIL LIPID DAN GHRELIN PADA STROKE INFARK DISERTAI DISLIPIDEMIA YANG MENDAPATKAN TERAPI STATIN. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text (COVER)
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (596kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB) | Request a copy
[img] Text (DAPUS-LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Stroke menduduki peringkat kedua penyebab kematian di dunia. Dislipidemia merupakan faktor risiko stroke. Ghrelin mempengaruhi metabolisme lipid hati dan merangsang lipogenesis di hati dengan aktivasi langsung reseptornya pada hepatosit. Pengaruh suplementasi kombinasi bawang putih, beras ragi merah, jahe merah ditambah statin terhadap kadar profil lipid dan ghrelin pada stroke infark dengan disipidemia masih terbatas,
Tujuan : Mengetahui pengaruh kombinasi bawang putih, beras ragi merah, jahe merah terhadap kadar profil lipid dan ghrelin pasien paska stroke infark dengan dilipidemia yang mendapatkan terapi statin.
Metode : Double Blind Clinical Trial Pre and Posttest Control Group Design. Subjek dengan kriteria inklusi terdiagnosis stroke infark disertai disipidemia, dibuktikan dengan pemeriksaan pencitraan kepala canggih dan profil lipid dari hasil tes laboratorium darah, Pasien yang menjalani terapi penurun lipid rawat jalan dengan kriteria eksklusi dislipidemia yang memiliki komplikasi penyakit hepar dan ginjal, alergi herbal, gangguan pencernaan kronis, IMT >45 kg/m2, riwayat konsumsi alkohol, riwayat pankreatitis dan stroke hemoragik, gagal ginjal dan hipotiroid. Kemudian dilakukan uji Independent T-test; Mann-Whitney U; Dependent T-test; Wilcoxon; signifikan p<0.05.
Hasil : Terdapat 20 subjek (kelompok kontrol) mendapatkan statin dan plasebo sedangkan sebanyak 20 subjek lainnya (kelompok intervensi) mendapatkan statin disertai bawang putih, beras ragi merah, jahe merah dan dilakukan selama 30 hari. Terdapat perbedaan signifikan kadar kolesterol akhir (p=0.030) antara kelompok penelitian dimana kadar kolesterol total lebih rendah pada kelompok intervensi dibandingkan kelompok kontrol. Terdapat perbedaan signifikan kolesterol LDL akhir (p=0.008) antara kelompok penelitian dimana kolesterol LDL lebih rendah pada kelompok intervensi dibandingkan kelompok kontrol.
Kesimpulan : Terapi statin dan kombinasi bawang putih, beras ragi merah dan jahe merah dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL lebih baik dibandingkan suplementasi statin saja.
Kata Kunci : Ekstrak Herbal, Profil Lipid, Ghrelin, Stroke Infark.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ekstrak Herbal, Profil Lipid, Ghrelin, Stroke Infark
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 16 Jun 2023 08:35
Last Modified: 16 Jun 2023 08:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13539

Actions (login required)

View Item View Item