Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara intensitas bermedia sosial Twitter dengan perilaku konsumtif pembelian merchandise pada remaja penggemar K-Pop di Indonesia

Firdausy, Jasmine Annisa and Desiningrum, Dinie Ratri (2023) Hubungan antara intensitas bermedia sosial Twitter dengan perilaku konsumtif pembelian merchandise pada remaja penggemar K-Pop di Indonesia. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img] Text
Abstrak & BAB I_Skripsi Jasmine Annisa Firdausy.pdf

Download (148kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas bermedia sosial Twitter kepada perilaku konsumtif pembelian merchandise pada remaja penggemar K-Pop di Indonesia. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada hubungan positif antara intensitas bermedia sosial Twitter dengan perilaku konsumtif pembelian merchandise pada remaja penggemar K-Pop di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah infinit sehingga jumlah partisipan penelitian ditentukan dengan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Partisipan penelitian berjumlah 349 remaja penggemar K-Pop di Indonesia yang diperoleh menggunakan teknik sampling insidental. Metode pengambilan data menggunakan dua alat ukur, yaitu skala intensitas bermedia sosial Twitter (12 aitem, α = 0,835) dan skala perilaku konsumtif pembelian merchandise (19 aitem, α = 0,828). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Spearman Rho dan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara intensitas bermedia sosial Twitter dengan perilaku konsumtif pembelian merchandise pada remaja penggemar K-Pop di Indonesia (rs= 0,164, p= 0,002).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:56
Last Modified: 05 Feb 2024 03:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13538

Actions (login required)

View Item View Item