Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Komunikasi Interpersonal Orang Tua-Anak dan Perilaku Agresif Elektronik pada Pelajar SMA Pengguna Twitter di Kota Semarang

Zain, Adelah Qanitah Puspa Bilqish and Desiningrum, Dinie Ratri (2023) Hubungan antara Komunikasi Interpersonal Orang Tua-Anak dan Perilaku Agresif Elektronik pada Pelajar SMA Pengguna Twitter di Kota Semarang. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Adelah_Soft file Skripsi FIX-17-29.pdf

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal orang tua-anak dan perilaku agresif elektronik. Hipotesis yang diajukan adalah komunikasi interpersonal orang tua-anak memiliki hubungan negatif dengan kecenderungan perilaku agresif elektronik pada pelajar SMA pengguna Twitter di Kota Semarang. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah pelajar SMA yang berusia 15-18 tahun, aktif menggunakan Twitter dalam 3 bulan terakhir, dan berdomisili di Kota Semarang. Partisipan penelitian berjumlah 192 pelajar SMA yang ditentukan dengan purposive sampling. Alat ukur yang digunakan ialah skala psikologis, Skala Komunikasi Interpersonal Orang Tua-Anak (31 butir, α = 0,916), dan Skala Perilaku Agresif Elektronik (19 butir, α = 0,850). Teknik analisis data menggunakan Spearman’s Rank. Hasil uji menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal orang tua-anak memiliki hubungan negatif dengan perilaku agresif elektronik (rs = -0,396) dan signifikan (p=0,000; p<0,05). Dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal orang tua-anak memiliki hubungan negatif signifikan dan kecenderungan perilaku agresif elektronik pada pelajar SMA pengguna Twitter di Kota Semarang. Pelajar SMA yang memiliki tingkat komunikasi interpersonal orang tua-anak yang baik diketahui mampu melakukan penyesuaian sosial yang lebih baik dan menurunkan kecenderungan untuk berperilaku agresif elektronik. Berdasarkan hasil penelitian, rekomendasi yang diberikan kepada institusi pendidikan ialah dengan meningkatkan kualitas layanan bimbingan konseling (BK) serta mengembangkan program pengembangan diri bagi pelajar SMA di Kota Semarang seperti kompetensi akademik, organisasi, dan ekstrakulikuler.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 08:32
Last Modified: 05 Feb 2024 08:32
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13526

Actions (login required)

View Item View Item