Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN MASA KERJA, POSTUR KERJA, IKLIM KERJA, DAN KEBISINGAN DENGAN KELELAHAN KERJA PADA PEKERJA INDUSTRI BRIKET ARANG

AMALIA, HIDAYATUL (2023) HUBUNGAN MASA KERJA, POSTUR KERJA, IKLIM KERJA, DAN KEBISINGAN DENGAN KELELAHAN KERJA PADA PEKERJA INDUSTRI BRIKET ARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO HIDAYATUL.pdf - Published Version

Download (434kB)

Abstract

Kelelahan kerja merupakan kondisi menurunnya efisiensi, kapasitas, dan ketahanan fisik pekerja. Kelelahan kerja menjadi masalah yang dapat menimpa semua pekerja dalam melaksanakan pekerjaannya, termasuk pekerja Industri Briket Arang. Lingkungan kerja Industri Briket Arang yang beriklim panas dan bising pada Industri Briket Arang, serta postur tubuh pekerja yang janggal saat melakukan aktivitas pekerjaan dapat meningkatkan risiko kelelahan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan masa kerja, postur kerja, iklim kerja, dan kebisingan dengan kelelahan kerja pada pekerja Industri Briket Arang. Metode penelitian adalah kuantitatif berjenis analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah Pekerja Industri Briket Arang yang berjumlah 34 pekerja. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria inklusi yaitu pekerja bukan bagian pengovenan, dengan sampel berjumlah 30 pekerja. Instrumen penelitian yang digunakan diantaranya lembar data responden, kuesioner Industrial Fatigue Reasearch Committee (IFRC), lembar RULA, Aplikasi Angel Meter, Area Heat Stress Monitor, dan Sound Level Meter. Uji statistik yang digunakan adalah uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pekerja memiliki masa kerja baru, postur kerja berisiko sangat, paparan iklim kerja di atas NAB (>28ºC), paparan kebisingan di bawah NAB (≤85 dBA), dan kelelahan kerja ringan. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada hubungan antara postur kerja (p-value = 0,022), iklim kerja (p-value = 0,045), dan kebisingan (p-value = 0,000) dengan kelelahan kerja, sedangkan masa kerja (p-value = 0,486) tidak berhubungan dengan kelelahan kerja. Berdasarkan hasil penelitian, pihak Industri Briket Arang disarankan untuk menerapkan Workplace Stretching Exercise, dan melakukan upaya pengendalian iklim kerja panas dan kebisingan di lingkungan kerja.

Kata Kunci : Masa Kerja, Postur Kerja, Iklim Kerja, Kebisingan, Kelelahan Kerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 15 Jun 2023 08:48
Last Modified: 15 Jun 2023 08:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13524

Actions (login required)

View Item View Item