Search for collections on Undip Repository

ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PEMANFAATAN PELAYANAN HIPERTENSI DI PUSKESMAS KAMPAI TABU KARAMBIA KOTA SOLOK

ZAHRA, SITI MUZDALIFAH (2023) ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PEMANFAATAN PELAYANAN HIPERTENSI DI PUSKESMAS KAMPAI TABU KARAMBIA KOTA SOLOK. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO SITI MUZ.pdf - Published Version

Download (431kB)

Abstract

Hipertensi disebut sebagai salah satu penyakit tidak menular yang menjadi masalah kesehatan serius baik di dunia maupun di Indonesia. Di Kota Solok, hipertensi masih menjadi perhatian karena angka kasus yang tinggi dan memiliki capaian standar pelayanan minimal paling rendah dibandingkan penyakit lain. Dalam rangka pencegahan dan pengobatan penyakit, perlu adanya standar dan pedoman agar dapat terwujud pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas, termasuk pelayanan kesehatan pada penderita hipertensi. Pelayanan kesehatan sesuai standar pada penderita hipertensi meliputi pengukuran tekanan darah minimal setiap satu bulan sekali, edukasi dan rujukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap pemanfaatan pelayanan hipertensi di Puskesmas Kampai Tabu Karambia Kota Solok. Penelitian ini menggunakan desain studi cross sectional. Pengambilan data melalui survey menggunakan kuesioner online pada 100 orang penderita hipertensi usia 18-60 tahun. Pengolahan data dilakukan secara univariat, bivariat dengan chi-square dan multivariat dengan binary logistic regression metode stepwise. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara variabel faktor kebutuhan (p=0,000), aksesibilitas pelayanan kesehatan (p=0,000), usia (0,003), pendidikan (p=0,007), pengetahuan (p=0,001) dan pekerjaan (0,006) dengan pemanfaatan pelayanan hipertensi di Puskesmas Kampai Tabu Karambia Kota Solok. Tidak terdapat hubungan antara pendapatan (p=0,226) dan kepemilikan asuransi kesehatan (p=0,674) dengan pemanfaatan pelayanan hipertensi di Puskesmas Kampai Tabu Karambia Kota Solok. Berdasarkan analisis regresi diketahui bahwa variabel yang paling berpengaruh adalah faktor kebutuhan (p=0,000).

Kata kunci: Pemanfaatan pelayanan, hipertensi, puskesmas, standar pelayanan minimal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 15 Jun 2023 08:38
Last Modified: 15 Jun 2023 08:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13522

Actions (login required)

View Item View Item