Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN TEKANAN PANAS, BEBAN KERJA FISIK, TINGKAT ASUPAN CAIRAN DENGAN STATUS HIDRASI PEKERJA PENGASAPAN IKAN BANDARHARJO

FUADY, AHMAD FARHAN (2023) HUBUNGAN TEKANAN PANAS, BEBAN KERJA FISIK, TINGKAT ASUPAN CAIRAN DENGAN STATUS HIDRASI PEKERJA PENGASAPAN IKAN BANDARHARJO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO AHMAD FARHAN.pdf - Published Version

Download (373kB)

Abstract

Latar belakang: Pekerja pengasapan ikan seringkali bekerja dalam lingkungan panas dengan beban kerja fisik yang tinggi. Lingkungan panas serta beban kerja fisik yang tinggi memicu peningkatan panas metabolisme tubuh sehingga tubuh akan berkeringat. Kondisi tersebut dapat menyebabkan risiko dehidrasi pada pekerja. Asupan cairan yang cukup dibutuhkan untuk menjaga status hidrasi pekerja dalam kondisi yang optimal.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tekanan panas, beban kerja fisik, tingkat asupan cairan, dan status hidrasi pada pekerja pengasapan ikan Bandarharjo.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif cross sectional. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 137 pekerja dan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Adapun kriteria eksklusi dalam penelitian ini yaitu kondisi sakit (demam, diare, muntah-muntah), konsumsi vitamin C atau obat diuretik dalam 24 jam, dan mengkonsumsi wortel dan/ atau labu dalam 24 jam. Berdasarkan perhitungan maka didapatkan jumlah sebesar 45 responden. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2023. Instrumen dalam penelitian ini adalah heatstress monitor Questemp034 untuk mengukur tekanan panas, pulse oxymeter untuk mengukur beban kerja fisik, formulir recall 24 jam untuk menghitung asupan cairan pekerja, dan strip urine untuk mengukur status hidrasi berdasarkan berat jenis urin.
Hasil: Berdasarkan data yang diperoleh, diketahui bahwa hanya 10 responden (22,2%) yang terhidrasi dengan baik. Hasil uji statistik menunjukkan adanya hubungan antara status hidrasi dengan tekanan panas (p=0,023) dan tingkat asupan cairan (p=0,004), namun tidak ada hubungan dengan beban kerja fisik (p=0,07).
Simpulan: Terdapat hubungan antara tekanan panas, tingkat asupan cairan dengan status hidrasi pada pekerja pengasapan ikan bandarharjo. Pemilik perlu menambahkan air minum di area kerja, pekerja perlu secara berkala untuk keluar area kerja untuk menstabilkan suhu tubuh, dan pekerja perlu minum secara berkala tanpa menunggu haus tiap 30 menit.

Kata Kunci : Tekanan panas; beban kerja fisik; tingkat asupan cairan; status hidrasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:54
Last Modified: 15 Jun 2023 06:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13515

Actions (login required)

View Item View Item