Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PENERAPAN SARANA PROTEKSI KEBAKARAN AKTIF DAN PASIF DALAM UPAYA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN DI PASAR INDUK KABUPATEN WONOSOBO

PANGESTU, OQI SAKTI (2023) ANALISIS PENERAPAN SARANA PROTEKSI KEBAKARAN AKTIF DAN PASIF DALAM UPAYA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN DI PASAR INDUK KABUPATEN WONOSOBO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO OQI.pdf - Published Version

Download (370kB)

Abstract

Pendahuluan: Kebakaran di Gedung Perdagangan merupakan hal yang dapat mengganggu proses ekonomi di suatu daerah. Kabupaten Wonosobo merupakan daerah yang pertumbuhan ekonominya sangat pesat hal ini diukur dari banyaknya pasar yang berada di suatu daerah. Salah satu pasar yang ada di Wonosobo adalah Pasar Induk Wonosobo. Terdapat fenomena menarik yang ada di Pasar ini, yaitu dalam kurun waktu 30 tahun telah terjadi kebakaran sebanyak 4 kali yaitu pada 1994, 2004, 2014, dan 2018. Kebakaran tersebut membuat Pasar Induk Wonosobo direkonstruksi ulang dengan dilengkapi sarana proteksi kebakaran aktif dan pasif untuk mencegah terjadinya kebakaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan sarana proteksi kebakaran aktif dan pasif yang terpasang di Pasar Induk Wonosobo dalam upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian dibagi menjadi 3 yaitu informan utama, informan kunci, dan informan triangulasi. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil: hasil penelitian ini yaitu Pasar Induk Wonosobo telah tersedia sarana proteksi kebakaran aktif dan pasif digedungnya namun pemasangannya masih memerlukan pembenahan dan evaluasi agar sesuai dengan Permen PU No 26 Tahun 2008. Simpulan: Kesimpulannya penerapan sarana proteksi kebakaran aktif dan pasif dalam upaya pencegahan dan Penanggulangan kebakaran di Pasar Induk Wonosobo masih memerlukan perbaikan, pemeriksaaan, pengujian, dan perawatan.
Kata kunci: Kebakaran, Sarana Proteksi Kebakaran Aktif dan Pasif, Pasar Induk Wonosobo, Pencegahan dan Penanggulangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:42
Last Modified: 15 Jun 2023 06:42
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13513

Actions (login required)

View Item View Item