Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Self-Compassion dengan Perilaku Altruisme pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Keperawatan S-1 Universitas Diponegoro.

Anggorowati, Elisabet Nadia Devi and Indrawati, Endang Sri (2023) Hubungan antara Self-Compassion dengan Perilaku Altruisme pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Keperawatan S-1 Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img] Text
Elisabet Nadia_Abstrak & Bab 1.pdf

Download (248kB)

Abstract

Perilaku altruisme merupakan salah satu nilai profesional yang perlu dikembangkan mahasiswa keperawatan sebagai bekal menjadi perawat profesional. Perilaku altruisme dapat timbul apabila individu memiliki compassion to others yang dimulai dengan menumbuhkan kebaikan dan welas asih pada diri sendiri, yang sering disebut sebagai self-compassion. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara self-compassion dengan perilaku altruisme pada mahasiswa Program Studi Keperawatan Universitas Diponegoro. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir yang mengambil mata kuliah skripsi Program Studi Keperawatan Universitas Diponegoro angkatan 2018 dan 2019 yang berjumlah 181 mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 106 partisipan yang diambil menggunakan teknik convenience sampling. Pengambilan data menggunakan dua skala model likert yang dimodifikasi, yaitu skala self-compassion (28 aitem, α = 0,918) dan skala perilaku altruisme (27 aitem, α = 0,906). Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan aplikasi IMB SPSS (Statistical Package for Social Science) Versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-compassion memiliki hubungan positif yang signifikan dengan perilaku altruisme (rxy= 0,562; p = 0,000). Artinya, semakin tinggi self-compassion maka akan semakin tinggi pula perilaku altruisme, begitu pula sebaliknya. Penelitian ini menghasilkan R2 sebesar 0,316 yang artinya variabel self-compassion memberikan sumbangan efektif terhadap tingkat perilaku altruisme pada mahasiswa Program Studi Keperawatan Universitas Diponegoro sebesar 31,6%.
Kata kunci: self-compassion; perilaku altruisme; mahasiswa keperawatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 08:30
Last Modified: 05 Feb 2024 08:30
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13496

Actions (login required)

View Item View Item