Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA SELF-ESTEEM DENGAN ACADEMIC SELF-HANDICAPPING PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO YANG SEDANG MENGERJAKAN TUGAS AKHIR

Akbar, Almadina Rizkika and Prihatsanti, Unika (2023) HUBUNGAN ANTARA SELF-ESTEEM DENGAN ACADEMIC SELF-HANDICAPPING PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO YANG SEDANG MENGERJAKAN TUGAS AKHIR. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak dan BAB I_Almadina Rizkika Akbar.pdf

Download (341kB)

Abstract

Penurunan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa berkaitan secara langsung dengan perilaku academic self-handicapping. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa self-esteem dapat mempengaruhi perilaku academic self-handicapping pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-esteem dengan academic self-handicapping pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang sedang mengerjakan tugas akhir. Self-esteem adalah suatu penilaian individu tentang kelayakan diri untuk menunjukkan sejauh mana individu merasa dirinya mampu, signifikan, sukses, dan berharga. Academic Self-Handicapping merupakan perilaku untuk menciptakan hambatan untuk menurunkan hasil kinerja individu ketika mengerjakan tugas-tugas yang menurut mereka penting. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang sedang mengerjakan tugas akhir dengan sampel 100 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Alat ukur dalam pengambilan data menggunakan skala Self-Esteem (26 aitem valid, α=0,910) dan skala Academic Self-Handicapping (23 aitem valid, α=0,891). Analisis data yang digunakan adalah analisis uji Spearman Rho dengan hasil yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara Self-Esteem dan Academic Self-Handicapping pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang sedang mengerjakan tugas akhir sebesar rs = -0,556 p = 0,000 (p<0,05).

Kata Kunci : self-esteem, academic self-handicapping, mahasiswa skripsi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:16
Last Modified: 05 Feb 2024 04:16
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13478

Actions (login required)

View Item View Item