Search for collections on Undip Repository

ANALISIS KESESUAIAN SARANA PROTEKSI KEBAKARAN AKTIF DAN SARANA PENYELAMATAN JIWA DI RUSUNAWA UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2023

NILA, MARITA PUSPA (2023) ANALISIS KESESUAIAN SARANA PROTEKSI KEBAKARAN AKTIF DAN SARANA PENYELAMATAN JIWA DI RUSUNAWA UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2023. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO MARITA.pdf - Published Version

Download (316kB)

Abstract

Rusunawa Universitas Diponegoro adalah gedung bertingkat yang berfungsi sebagai tempat hunian sehingga memiliki beragam aktivitas di dalamnya. Semakin kompleks fungsi bangunan, maka semakin tinggi tuntutan keamanannya. Namun, penyediaan fasilitas sarana proteksi kebakaran di Rusunawa Universitas Diponegoro masih belum lengkap dan tidak dilakukan pemeriksaan berkala terhadap fasilitas yang telah tersedia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kesesuaian sarana proteksi kebakaran aktif dan sarana penyelamatan jiwa di Rusunawa Universitas Diponegoro pada tahun 2023. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pendekatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah informan sebanyak 4 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan, secara keseluruhan sarana proteksi kebakaran aktif yang terdiri dari: APAR, sprinkler, hidran, alarm kebakaran, dan detektor memiliki persentase kesesuaian sebesar 43,9% dan sarana penyelamatan jiwa yang terdiri dari: sarana jalan keluar, petunjuk arah evakuasi, pintu darurat, tangga darurat, lampu darurat, dan tempat berhimpun memiliki persentase kesesuaian sebesar 65%. Sarana proteksi kebakaran aktif di Rusunawa Universitas Diponegoro termasuk dalam kategori kurang, sedangkan untuk sarana penyelamatan jiwa termasuk dalam kategori cukup.

Kata Kunci : rusunawa; proteksi kebakaran aktif; sarana penyelamatan jiwa; kesesuaian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:45
Last Modified: 14 Jun 2023 02:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13468

Actions (login required)

View Item View Item