Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Kepuasan Pelanggan dengan Minat Pembelian Ulang Produk Perawatan Wajah di E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Diponegoro

angel, Great and Prihatsanti, Unika (2023) Hubungan antara Kepuasan Pelanggan dengan Minat Pembelian Ulang Produk Perawatan Wajah di E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Great Angel_Repository.pdf

Download (200kB)

Abstract

Perkembangan teknologi mampu mempengaruhi gaya hidup individu dengan berbelanja online di e-commerce seperti melakukan belanja kebutuhan pribadi berupa produk perawatan wajah di e-commerce. Minat pembelian ulang merupakan minat pelanggan untuk membeli kembali produk atau jasa akibat kepuasan yang dirasakan sesuai dengan yang diinginkan dari suatu produk atau jasa. Kepuasan pelanggan merupakan perasaan senang atau kecewa pelanggan yang muncul setelah membandingkan hasil suatu produk atau jasa dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat hubungan antara kepuasan pelanggan dengan minat pembelian ulang. Subjek penelitian adalah mahasiswa Universitas Diponegoro dengan sampel penelitian sejumlah 100 orang menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan dua skala, yaitu skala minat pembelian ulang (16 aitem valid, α = 0.852) dan skala kepuasan pelanggan (22 aitem valid, α = 0.910). Analisis data pada penelitian menggunakan teknik regresi sederhana yang menunjukkan rxy = 0.695 dan signifikansi sebesar .000 (p<0.05) yang artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepuasan pelanggan dan minat pembelian ulang produk perawatan wajah di e-commerce pada mahasiswa Universitas Diponegoro. Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki kepuasan pelanggan tinggi, maka minat pembelian ulang juga tinggi, begitu sebaliknya. Kepuasan pelanggan memberikan sumbangan efektif sebesar 48.2% dalam mempengaruhi minat pembelian ulang, sedangkan 51.8% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitan ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:08
Last Modified: 05 Feb 2024 03:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13465

Actions (login required)

View Item View Item