Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN HYGIENE SANITASI PENJAMAH MAKANAN DENGAN KONTAMINASI BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA JAJANAN DI SEKITAR SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TAMBUN SELATAN, BEKASI

MADJID, LEANDREA RIVANI (2023) HUBUNGAN HYGIENE SANITASI PENJAMAH MAKANAN DENGAN KONTAMINASI BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA JAJANAN DI SEKITAR SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TAMBUN SELATAN, BEKASI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO LEANDREA.pdf - Published Version

Download (314kB)

Abstract

Kebersihan makanan siswa sekolah dasar yang buruk dan tingginya kemungkinan kontaminasi makanan jajanan telah mempengaruhi kualitas makanan, terutama kualitas mikrobiologi makanan, dan menyebabkan berbagai risiko kesehatan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengevaluasi aspek higiene makanan untuk mengendalikan risiko kontaminasi makanan. Pada makanan, bakteri yang sering dijadikan indicator yaitu bakteri Escherichia.coli. Pada penelitian ini tujuan utamanya yaitu untuk mengetahui dan menganalisis hubungan hygiene sanitasi makanan dengan kontaminasi bakteri E. coli pada makanan jajanan anak Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif observasional dengan rancangan studi Cross-Sectional. Pada penelitian ini yang diteliti yaitu penjamah makanan, tempat penyajian makanan, sarana penjaja, peralatan saji dan makan, dan cara penyajian makanan dengan jumlah sample sebanyak 50 penjamah makanan. Hasil dianalisis dengan analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi-square. Hasil yang didapatkan yaitu sebanyak 80% makanan jajanan yang dijual tidak terkontaminasi bakteri E. coli. Ada hubungan antara penjamah makanan dengan kontaminasi bakteri E. coli, ada hubungan antara tempat penyajian makanan dengan kontaminasi bakteri E. coli, ada hubungan antara peralatan saji dan makan dengan kontaminasi bakteri E. coli, ada hubungan antara cara penyajian makanan dengan kontaminasi bakteri E. coli. Ada hubungan antara sarana penjaja dengan kontaminasi bakteri E. coli kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara hygiene sanitasi makanan jajanan di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tambun Selatan dengan kontaminasi Escherichia coli.

Kata kunci: Makanan, Hygiene sanitasi, Escherichia coli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:17
Last Modified: 13 Jun 2023 02:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13433

Actions (login required)

View Item View Item