Search for collections on Undip Repository

FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENCEGAHAN COVID-19 OLEH PENGELOLA KEDAI KOPI DI SEKITAR UNIVERSITAS DIPONEGORO PADA MASA PANDEMI

ULWIYAH, LATHIFAH (2023) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENCEGAHAN COVID-19 OLEH PENGELOLA KEDAI KOPI DI SEKITAR UNIVERSITAS DIPONEGORO PADA MASA PANDEMI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO LATHIFAH EDIT.pdf - Published Version

Download (256kB)

Abstract

Kedai kopi merupakan salah satu tempat berisiko tinggi penyebaran virus corona. Turunnya kepatuhan masyarakat dalam menggunakan masker, menjaga kebersihan tangan, dan menjauhi kerumunan, serta tingginya kasus di Kota Semarang perlu menjadi perhatian. Guna meminimalisir penyebaran COVID-19 di kedai kopi diperlukan peran pengelola untuk mengondisikan dan memaksimalkan pelaksanaan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor apa saja yang memiliki hubungan dengan pencegahan COVID-19 oleh pengelola kedai kopi di sekitar Universitas Diponegoro. Penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif observasional menggunakan rancangan studi cross-sectional dengan jumlah sampel sebanyak 53 kedai kopi menggunakan sampling total. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square dengan α = 0,05. Penelitian ini menyatakan pencegahan COVID-19 telah baik dilakukan, yaitu sejumlah 52,8%. Perilaku pencegahan COVID-19 oleh pengelola kedai kopi lebih banyak dilakukan pada kelompok yang memiliki pengetahuan (62,3%) dan sikap (75,5%) yang baik dibanding pada kelompok yang memiliki pengetahuan dan sikap yang kurang baik. Empat variabel diantaranya memiliki hubungan dengan pencegahan COVID-19, yakni usia dengan nilai p=0,000, pengetahuan dengan nilai p=0,000, sikap dengan nilai p=0,000, dan dukungan pengunjung dengan p=0,000. Upaya yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan peran pengelola salah satunya dengan melakukan pembinaan terkait kebijakan yang diberlakukan agar kebijakan dapat berjalan efektif dan efisien.

Kata kunci : Pandemi COVID-19; Perilaku Pencegahan; Kedai Kopi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 30 Jun 2023 04:53
Last Modified: 06 Jul 2023 01:42
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13426

Actions (login required)

View Item View Item