Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA KONGRUENSI KARIER REMAJA-ORANG TUA DENGAN EFIKASI DIRI DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN KARIER PADA SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 1 TUALANG KABUPATEN SIAK PROVINSI RIAU

Yanti, Ruth Sherina Dama and Sawitri, Dian Ratna (2023) HUBUNGAN ANTARA KONGRUENSI KARIER REMAJA-ORANG TUA DENGAN EFIKASI DIRI DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN KARIER PADA SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 1 TUALANG KABUPATEN SIAK PROVINSI RIAU. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (235kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah mengkaji hubungan antara kongruensi karier remaja-orang tua dengan efikasi diri dalam mengambil keputusan karier. Hipotesis yang diajukan adalah kongruensi karier remaja memiliki hubungan positif dengan efikasi diri dalam mengambil keputusan karier pada siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Tualang. Penelitian ini melibatkan 245 siswa dari SMA Negeri 1 Tualang kelas XII sebagai partisipan penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan Skala Efikasi dalam Mengambil Keputusan Karier (34 butir, α = 0,93), dan Skala Kongruensi Karier Remaja-Orang Tua (12 butir, α = 0,92). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil uji menunjukkan bahwa kongruensi karier remaja-orang tua memiliki hubungan positif dengan efikasi diri dalam mengambil keputusan karier (rxy = 0,48) dan dapat menjadi prediktor yang signifikan (F = 72,84, p = 0,00 (p<0,05)). Kongruensi karier remaja-orang tua dapat menjelaskan variasi efikasi diri dalam mengambil keputusan karier sebanyak 23% (r^2 = 0,23). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kongruensi karier remaja-orang tua memiliki hubungan positif dengan efikasi diri dalam mengambil keputusan karier. Siswa, orang tua dan sekolah dapat mempertimbangkan kongruensi karir remaja-orang tua sebagai suatu hal yang perlu dieksplorasi ketika menghadapi situasi siswa dengan efikasi diri dalam mengambil keputusan karir yang rendah. Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian mengenai variabel lain yang dapat menjadi prediktor efikasi diri dalam mengambil keputusan karier dan memperluas populasi penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:18
Last Modified: 05 Feb 2024 03:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13415

Actions (login required)

View Item View Item