Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK SADARI (PERIKSA PAYUDARA SENDIRI) PADA MAHASISWI USIA 18-24 TAHUN DI KECAMATAN TEMBALANG

ASRIYANTI, ANGGI (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK SADARI (PERIKSA PAYUDARA SENDIRI) PADA MAHASISWI USIA 18-24 TAHUN DI KECAMATAN TEMBALANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ANGGI ASRI.pdf - Published Version

Download (434kB)

Abstract

Pergeseran pola penyakit menjadi beban ganda pada dunia kesehatan Indonesia salah satunya prevalensi kanker payudara yang kian meningkat pada wanita usia muda. Praktik SADARI memiliki peran penting dalam deteksi dini kanker payudara untuk mencegah terdeteksinya kanker pada stadium akhir sehingga dapat meningkatkan harapan hidup pada wanita sebagai kelompok yang berisiko. Praktik SADARI seharusnya sudah rutin diterapkan pada usia mahasiswi. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan praktik SADARI pada mahasiswi usia 18-24 tahun di Kecamatan Tembalang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian yaitu mahasiswi usia 18-24 tahun di Kecamatan Tembalang. Minimal sampel sebesar 194 dengan perbandingan kelompok kasus dan kontrol 1:1 yang diambil secara acak. Analisis data yang digunakan yaitu analisis univariat berupa distribusi frekuensi serta analisis bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian memunjukkan bahwa sebagian besar responden berusia 18-21 tahun (70%), memiliki tingkat pengetahuan tinggi (54%), pernah terpapar informasi (88%), tingkat suseptibilitas rendah (69,5%), tingkat awareness tinggi (73%), tingkat ketakutan tinggi (58,5%), dan tidak memiliki riwayat kanker payudara pada keluarga (80,5%). Faktor yang berhubungan dengan praktik SADARI pada mahasiswi antara lain paparan informasi (ρ=0,000), tingkat awareness (ρ=0,007), dan riwayat kanker payudara pada keluarga (ρ=0,001). Sedangkan faktor yang tidak berhubungan dengan praktik SADARI pada mahasiswi antara lain usia (ρ=0,440), tingkat pengetahuan (ρ=0,478), tingkat suseptibilitas (ρ=0,125) dan tingkat ketakutan (ρ=1,000). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara paparan informasi, tingkat awareness, dan riwayat kanker payudara pada keluarga dengan praktik SADARI pada mahasiswi usia 18-24 tahun di Kecamatan Tembalang.
Kata kunci : Kanker payudara, SADARI, Mahasiswi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 12 Jun 2023 05:54
Last Modified: 12 Jun 2023 05:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13406

Actions (login required)

View Item View Item