Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPADATAN DAN KERAGAMAN POPULASI KECOA PADA KANTIN SEKOLAH DI KECAMATAN GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK SUMATERA BARAT

IRFANY, GHINA SALSABILA (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPADATAN DAN KERAGAMAN POPULASI KECOA PADA KANTIN SEKOLAH DI KECAMATAN GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK SUMATERA BARAT. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO GHINA.pdf - Published Version

Download (433kB)

Abstract

Kecoa merupakan salah satu serangga paling umum yang dapat mencemari makanan. Tempat pengolahan dan penyediaan makanan, salah satunya kantin, memiliki potensi besar terinfestasi kecoa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keragaman dan kepadatan populasi kecoa pada kantin sekolah di Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Penelitian menggunakan metode sensus dengan desain studi cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh (21) Kantin yang terdapat pada sekolah menengah di Kecamatan Gunung Talang. Pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Faktor kondisi bangunan kantin, faktor lingkungan, dan faktor intensitas pengendalian ditetapkan sebagai variabel bebas. Variabel terikatnya adalah kepadatan dan keragaman populasi kecoa. Hasil penelitian: (1) Jenis bangunan kantin sekolah 50% permanen, 30% semi permanen, 15% sederhana, 5% sangat sederhana, sedangkan jenis lantai bangunan kantin 60% beton/semen, 35% keramik, 5% tanah; (2) Ketinggian tempat kantin sekolah berkisar 457-1493 mdpl, suhu 17,7oC-30,5oC, kelembaban 59%-89%, intensitas cahaya 7-709 lux; (3) Seluruh kantin sekolah melaksanakan pengendalian lingkungan, 38,1% pengendalian fisik, 5% pengendalian kimia; (4) Kepadatan populasi kecoa pada kantin sekolah nyata dipengaruhi oleh jenis bangunan (p=0,009) dan intensitas pengendalian lingkungan (p=0,005); (5) Keragaman populasi kecoa pada kantin nyata dipengaruhi oleh jenis lantai bangunan (p=0,046) dan intensitas pengendalian lingkungan (p=0,008). Spesies kecoa yang ditemukan yaitu Periplaneta australasiae, Periplaneta americana, Blatella germanica dan Pycnoscelus surinamensis.

Kata kunci : Kepadatan kecoa, keragaman kecoa, kondisi bangunan, faktor
lingkungan, tingkat pengendalian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:56
Last Modified: 09 Jun 2023 03:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13370

Actions (login required)

View Item View Item