Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN FISIK RUMAH DENGAN KEJADIAN TUBERKULOSIS PARU DI DAERAH DATARAN RENDAH (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIDAREJA, KABUPATEN CILACAP)

AMALIA, HASNA NUR (2023) HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN FISIK RUMAH DENGAN KEJADIAN TUBERKULOSIS PARU DI DAERAH DATARAN RENDAH (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIDAREJA, KABUPATEN CILACAP). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO HASNA NUR.pdf - Published Version

Download (435kB)

Abstract

Latar Belakang: Tuberkulosis merupakan penyakit menular karena infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis dan ditransmisikan melalui droplet oleh penderita TB aktif. Faktor lingkungan berupa lingkungan dalam dan luar rumah yang tidak sehat menjadi faktor risiko penularan TB. Tujuan: Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan kondisi lingkungan fisik rumah dengan kejadian tuberkulosis paru di daerah dataran rendah di wilayah kerja Puskesmas Sidareja, Kabupaten Cilacap. Metode: Penelitian observasional analitik menggunakan desain penelitian case control. Pengambilan data menggunakan lembar pengukuran observasi lingkungan dengan jumlah sampel sebanyak 82 responden yang terdiri dari 41 kelompok kasus dan 41 kelompok kontrol. Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat, dan uji statistik Chi-Square. Hasil: Analisis univariat menunjukkan Sebagian besar responden kelompok kasus masih tinggal pada hunian dengan suhu (63,4%), kelembaban (90,2%), intensitas pencahayaan (73,2%), luas ventilasi (80,5%), dan keberadaan genteng kaca (95,1%) yang tidak memenuhi syarat. Hasil analisis bivariat yaitu suhu (p-value = 0,183), kelembaban (p-value = 0,029), intensitas pencahayaan (p-value = 0,109), luas ventilasi (p-value = 0,033), kepadatan hunian (p-value = 0,116), jenis lantai (p-value = 0,029), jenis dinding (p-value = 0,049), dan keberadaan genteng kaca (p-value = 1,000). Kesimpulan: Terdapat hubungan antara kelembaban, luas ventilasi, jenis lantai, dan jenis dinding dengan kejadian tuberkulosis paru di wilayah kerja Puskesmas Sidareja. Saran: Kerjasama lintas sektor perlu dilakukan untuk meningkatkan cakupan rumah sehat dan upaya pencegahan penularan tuberkulosis paru melalui pemberdayaan

Kata Kunci : tuberkulosis paru, rumah, genteng kaca

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:32
Last Modified: 09 Jun 2023 03:32
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13366

Actions (login required)

View Item View Item