Search for collections on Undip Repository

PERAN HASIL PEMERIKSAAN FORENSIK AHLI IT DALAM PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA CYBER (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NOMOR 232/Pid.Sus/2021/PN Mkd)_004 PDN 2023

KURNIAWATI, NUR FITRIANA and Rochaeti, Nur and Prasetyo, Mujiono Hafidh (2023) PERAN HASIL PEMERIKSAAN FORENSIK AHLI IT DALAM PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA CYBER (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NOMOR 232/Pid.Sus/2021/PN Mkd)_004 PDN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi di sisi lain menampakkan dampak yang besar adanya kejahatan cyber. Salah satu bentuk kejahatan cyber adalah cyberpornography. Dalam pembuktian di persidangan pidana peran ahli forensik sangat krusial dan strategis untuk menerangkan keterkaitan antara bukti elektronik dan data bukti elektronik tersebut. Terdapat dua rumusan masalah yaitu: Bagaimana kebijakan yang mengatur tindak pidana cyber saat ini?, Bagaimana peran hasil pemeriksaan forensik ahli IT dalam pembuktian perkara nomor 232/Pid.Sus/2021/PN Mkd di Pengadilan Negeri Mungkid?.
Metodologi yang digunakan adalah yuridis normatif karena didasarkan pada perundang-undangan dan prinsip hukum yang berlaku dalam tindak pidana cyber. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan perundang-undangan (statute approach); pendekatan konsep (conceptual approach); pendekatan analitis (analytical approach); dan pendekatan kasus (case approach).
Kajian teori dalam pembahasan menggunakan kajian pustaka dan wawancara dengan hakim yang memutus perkara tersebut untuk klarifikasi. Hasil penelitian dan simpulan dalam skripsi ini adalah kebijakan yang mengatur tindak pidana cyber saat ini terdiri dari instrumen hukum internasional dan instrumen hukum nasional. Peran hasil pemeriksaan forensik untuk menemukan tanda pernah terjadi peristiwa, dalam perkara nomor 232/Pid.Sus/2021/PN Mkd sama sekali tidak ada hasil pemeriksaan forensik maka hakim dalam memvalidasi keterangan ahli menggunakan prinsip-prinsip sains.
Kata Kunci: Peran Pemeriksaan Forensik, Pembuktian, Tindak Pidana Cyber

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 02 Nov 2023 07:10
Last Modified: 02 Nov 2023 07:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13333

Actions (login required)

View Item View Item