Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN PAPARAN PESTISIDA DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA PETANI SAYUR DI DESA NGAGRONG KECAMATAN GLADAGSARI KABUPATEN BOYOLALI

ALBAREZA, LUTHFIANA NUR (2023) HUBUNGAN PAPARAN PESTISIDA DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA PETANI SAYUR DI DESA NGAGRONG KECAMATAN GLADAGSARI KABUPATEN BOYOLALI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO LUTHFIANA.pdf - Published Version

Download (499kB)

Abstract

Penggunaan pestisida berisiko untuk terjadinya hipertensi dikarenakan gangguan pada beberapa sistem kardiovaskular dalam jangka waktu singkat maupun panjang. Di Desa Ngagrong sebagian besar penduduk bekerja sebagai petani sehingga tingkat penggunaan pestisida di daerah ini cukup tinggi. Menurut data Dinas Kesehatan Boyolali, jumlah penderita penyakit hipertensi masih tinggi dan terus mengalami kenaikan disetiap tahunnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan paparan pestisida dengan kejadian Hipertensi sistolik dan diastolik pada petani sayur di Desa Ngagrong, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali. Penelitian ini merupakan observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Sampel pada penelitian ini yaitu 50 petani sayur berjenis kelamin laki-laki dari total 100 populasi terpilih yang ada di Desa Ngagrong Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling. Data diperoleh melalui wawancara menggunakan kuesioner dan pengukuran tekanan darah responden dengan tensimeter, kemudian data dianalisis menggunakan uji Chi Square. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa dari 50 sampel yang diteliti terdapat 29 sampel (58%) yang menderita hipertensi sistolik dan diastolik. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel durasi penyemprotan (p=0,001), masa kerja (p=0,004), penggunaan APD (p=0,020) dan riwayat hipertensi keluarga (p=0,011) dengan kejadian hipertensi. Sedangkan variabel frekuensi penyemprotan (p=0,900), dosis pestisida (p=1,000), kebiasaan merokok (p=0,140) dan konsumsi makanan tinggi lemak (p=0,693) tidak menunjukkan hubungan dengan kejadian hipertensi sistolik dan diastolik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel durasi penyemprotan, masa kerja, penggunaan APD dan riwayat hipertensi keluarga memiliki hubungan dengan kejadian hipertensi.

Kata kunci : hipertensi, pestisida, petani

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:41
Last Modified: 08 Jun 2023 03:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13321

Actions (login required)

View Item View Item