Search for collections on Undip Repository

PENGARUH MOTIVASI KERJA, HUBUNGAN INTERPERSONAL, DAN BURNOUT (KEJENUHAN KERJA) TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI SEMARANG

BRYANTAMI, KORINNE SHABIRA (2023) PENGARUH MOTIVASI KERJA, HUBUNGAN INTERPERSONAL, DAN BURNOUT (KEJENUHAN KERJA) TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO KORIN.pdf - Published Version

Download (546kB)

Abstract

Kepuasan kerja didefinisikan sebagai sikap positif terhadap pekerjaan seseorang yang berasal dari aspek penilaian baik dan buruk dari pekerjaan serta bagaimana pengaruhnya terhadap mereka, sehingga menghasilkan penilaian atau kepuasan tersendiri. Hal ini dapat berasal dari faktor hasil pekerjaan, pengakuan pimpinan atas pekerjaan yang dilakukan, kompensasi, pengembangan diri, dan hubungan interpersonal kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja, hubungan interpersonal, dan burnout (kejenuhan kerja) terhadap kepuasan kerja guru tunagrahita di SLB Negeri Semarang. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan pendekatan studi cross-sectional. Pengambilan sampel menggunakan metode total sampling sebanyak 40 responden guru tunagrahita. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesinoer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja (sig. 0,000). Hubungan interpersonal tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja (sig. 0,447). Burnout tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja (sig. 0,293). Kesimpulan penelitian ini ketiga variabel tersebut berkontribusi terhadap variabel kepuasan kerja sebesar 52,4%, sedangkan sisanya sebesar 47,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Saran penelitian ini adalah pihak sekolah sebaiknya dapat meninjau kembali sistem pengawasan yang telah ada dengan adanya penegakan aturan dan perlakukan yang adil dari atasan akan memberikan kepuasan terhadap pekerja.

Kata kunci : Kepuasan kerja, Motivasi Kerja, Hubungan Interpersonal, Burnout

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:38
Last Modified: 07 Jun 2023 08:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13311

Actions (login required)

View Item View Item