Search for collections on Undip Repository

RESPON MASYARAKAT TERHADAP PELAKSANAAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI KOTA SEMARANG

MUMU, MARINDA TRISNA (2022) RESPON MASYARAKAT TERHADAP PELAKSANAAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (316kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (484kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (171kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Program Jaminan Kesehatan Nasional merupakan upaya pemerintah untuk
dapat memfasilitas dan membantu masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan
di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menmenganalisis respon masyarakat
terhadap pelaksanaan program JKN dan menganalisis strategi Dinas Kesehatan
dalam meningkatkan layana kesehatan dalam Program JKN di Kota Semarang.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam
penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik
pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Respon
masyarakat terhadap pelaksanaan Program JKN dilihat dari Peraturan Menteri
Kesehatan RI Nomor 28 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Program JKN
dan diperoleh hasil yaitu respon masyarakat terhadap pelayanan promotive,
tindakan medis non-spesialisistik, pemeriksaan laboratorium tingkat pertama,
layanan rawat inap dan layanan transfuse darah cukup positif. Aspek administrasi
pelayanan, pemeriksaan dan kosultasi medis, serta pelayanan obat masih mendapat
respon negative dari masyarakat Kota Semarang. Strategi Dinas Kesehatan untuk
meningkatkan layanan Program JKN berupa penyediaan dana bagi puskesmas dan
sosialisasi terkait kegiatan yang wajid dilaksanakan. Saran yang dapat diberikan
adalah sosialisasi kepada masyarakat terkait pemahaman sakit dan sehat guna
menggunakan JKN dengan efektif tidak hanya di saat sakit berat dan melakukan
penyediaan obat secara berkala di setiap fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Kata kunci: Respon Masyarakat, Pelaksanaan, Program Jaminan Kesehatan
Nasional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:11
Last Modified: 08 Aug 2023 03:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13300

Actions (login required)

View Item View Item