Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN PERSENTASE LEMAK TUBUH DAN LEMAK VISERAL DENGAN TEKANAN DARAH SISTOLIK DAN DIASTOLIK PADA LANSIA

Muqorrobin, Izulhaq and Ardiaria, Martha and Kusumastuti, Aryu Candra and Murbawani, Etisa Adi (2022) HUBUNGAN PERSENTASE LEMAK TUBUH DAN LEMAK VISERAL DENGAN TEKANAN DARAH SISTOLIK DAN DIASTOLIK PADA LANSIA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak_Izulhaq Muqorrobin)
Abstrak_Izulhaq Muqorrobin.pdf

Download (550kB)

Abstract

Latar Belakang : Hipertensi merupakan peningkatan tekanan darah sistolik dan juga diastolik, dimana terdapat penebalan dan penyempitan dinding arteri sehingga mengakibatkan kolagen menumpuk pada lapisan otot dan menjadi kaku. Hipertensi dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah penumpukan massa lemak yang berlebih.
Tujuan : Mengetahui hubungan antara persentase lemak tubuh dan lemak viseral dengan tekanan darah sistolik dan diastolik pada lansia.
Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan data diperoleh dari data sekunder di Posyandu Lansia Kelurahan Jomblang pada tahun 2019 dan 2022. Dengan variabel terikat adalah tekanan darah sistolik dan diastolik menggunakan sfigmomanometer dan untuk variabel bebas adalah persentase lemak tubuh dan lemak viseral menggunakan bioelectril impidance analysis (BIA). Data dianalisis dengan univariat dan bivariat chi-square.
Hasil : Berdasarkan penelitian yang dilakukan sebanyak 63 sampel, didapatkan lansia dengan lemak tubuh berlebih (63,5%) dan lemak tubuh normal (36,5%), lemak viseral tinggi (47,6%) dan lemak viseral normal (52,4%), tekanan darah sistolik tinggi (63,5%) dan tekanan darah sistolik normal (36,5%), tekanan darah diastolik tinggi (61,9%) dan tekanan darah diastolik normal (38,1%). Untuk uji bivariat, didapatkan hasil persentase lemak tubuh dan lemak viseral tidak terdapat hubungan yang bermakna dengan tekanan darah sistolik maupun diastolik.
Simpulan : Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara persentase lemak tubuh dan lemak viseral dengan tekanan darah sistolik maupun diastolik pada lansia.
Kata Kunci : Hipertensi, persentase lemak tubuh, lemak viseral, lansia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, Persentase Lemak Tubuh, Lemak Viseral, Lansia
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 06 Jun 2023 07:59
Last Modified: 06 Jun 2023 07:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13278

Actions (login required)

View Item View Item