Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA TERPAAN PROMOSI PENJUALAN DAN TINGKAT KEPERCAYAAN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BEAN SPOT

ANDRIANI, UCI (2023) HUBUNGAN ANTARA TERPAAN PROMOSI PENJUALAN DAN TINGKAT KEPERCAYAAN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BEAN SPOT. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (458kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (492kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (390kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (180kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)

Abstract

Menurut International Coffee Organization (ICO), jumlah konsumsi kopi di Indonesia pada 2018-2021 meningkat sebesar 4,04 persen sehingga menjadikan Indonesia berada pada posisi kelima dengan jumlah konsumsi kopi terbanyak di dunia. Melihat fenomena kebiasaan masyarakat Indonesia yang gemar meminum kopi mengakibatkan berkembangnya bisnis F&B di Indonesia. Dalam menjalankan bisnis, perusahaan melakukan berbagai strategi untuk dapat bertahan di tengah arus persaingan bisnis. Sebagai salah satu F&B yang menawarkan minuman coffee dan non-coffee, Bean Spot melakukan strategi promosi penjualan untuk meningkatkan penjualan. Pada 2022, Bean Spot meningkatkan promosi penjualan setiap bulannya. Selain itu, Bean Spot juga membangun kepercayaan konsumen melalui media sosial. Namun dengan segala usaha yang telah dilakukan, Bean Spot tidak mampu mencapai target penjualan.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara terpaan promosi penjualan dan tingkat kepercayaan dengan keputusan pembelian produk Bean Spot. Penelitian kuantitatif eksplanatori adalah tipe penelitian dalam penelitian ini untuk menjelaskan hubungan kausal antar variabel. Sales Promotion Stimulus Theory digunakan dalam penelitian ini untuk menjelaskan hubungan X1 dengan Y. Lalu Brand Equity Theory digunakan dalam untuk menjelaskan hubungan X2 dengan Y. Penelitian ini menggunakan salah satu teknik non- probability sampling yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang berusia 18-35 tahun di Kota Palembang yang pernah melihat promosi penjualan Bean Spot melalui media cetak maupun media sosial, dan pernah membeli produk Bean Spot minimal satu kali.
Melalui teknik analisis korelasi Kendal Tau-B untuk menguji hipotesis pertama dan kedua penelitian, ditemukan hasil bahwa tidak adanya hubungan antara terpaan promosi penjualan dengan keputusan pembelian produk Bean Spot yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,275 yang mana lebih besar dari 0,05 sehingga hipotesis pertama ditolak. Artinya tinggi rendahnya terpaan promosi penjualan tidak menentukan keputusan pembelian produk Bean Spot. Kemudian uji hipotesis kedua menunjukkan adanya hubungan antara tingkat kepercayaan dengan keputusan pembelian produk Bean Spot dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari 0,01 dan nilai koefisien sebesar 0,353 sehingga hipotesis kedua diterima. Artinya semakin tinggi tingkat kepercayaan konsumen maka semakin tinggi pula keputusan konsumen untuk membeli produk Bean Spot.

Kata kunci: kopi, promosi penjualan, Bean Spot, eksplanatori, kendal tau b

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:25
Last Modified: 05 Jun 2023 02:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13245

Actions (login required)

View Item View Item