Search for collections on Undip Repository

Hubungan Fungsi keluarga terhadap kejadian stunting pada balita usia 0-59 bulan di wilayah kerja Puskesmas Kota Semarang

Sandy, Alda Seranda Kurnia and Nindita, Yora and Nugraheni, Arwinda and Muniroh, Muflihatul (2023) Hubungan Fungsi keluarga terhadap kejadian stunting pada balita usia 0-59 bulan di wilayah kerja Puskesmas Kota Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak-KTI)
ALDA SERANDA-22010119140191-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (14kB)

Abstract

Latar belakang: Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada balita akibat kekurangan gizi dalam jangka waktu yang lama. Global Nutritional Report menyatakan bahwa setidaknya 150,8 juta balita mengalami stunting.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara fungsi keluarga terhadap kejadian stunting pada balita usia 0-59 bulan di wilayah kerja puskesmas kota Semarang.
Metode: Menggunakan metode observasional analitik dengan desain penelitian case control pendekatan retrospektif yang menggunakan total sampel 178 responden dan uji statisik chi-square diikuti dengan analisa multivariat dengan block 1 metode backward stepwise.
Hasil: Total sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 178 balita dengan balita yang mengalami stunting adalah 82 balita (46,1%) dan tidak stunting sebanyak 96 responden (53,9%). hasil uji hubungan penelitian ini didapatkan bahwa adanya hubungan antara fungsi internal keluarga dan fungsi eksternal keluarga terhadap kejadian stunting dengan nilai P<0,001. Hasil analisa multivariat dengan metode blackward stepwise (likehood ratio) didapatkan bahwa pendapatan serta ketersediaan dan ketahanan pangan juga mempengaruhi adanya kejadian stunting pada balita usia 0-59 bulan.
Simpulan: Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara fungsi internal dan eksternal keluarga terhadap kejadian stunting pada balita usia 0-59 bulan. Terdapat juga pengaruh hubungan (pendapatan serta ketersediaan dan ketahanan pangan) yang mempengaruhi hubungan antara fungsi keluarga dengan stunting.
Kata kunci: fungsi keluarga, balita, stunting

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: fungsi keluarga, balita, stunting
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 05 Jun 2023 07:47
Last Modified: 05 Jun 2023 07:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13236

Actions (login required)

View Item View Item