Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Karakteristik Ibu dan Karakteristik Keluarga Terhadap Kejadian Stunting pada Balita dengan Ibu yang Overweight/Obesitas di Kota Semarang

Novita Arisanti, Yohanete and Syauqy, Ahmad and Purwanti, Rachma and Margawati, Ani Hubungan antara Karakteristik Ibu dan Karakteristik Keluarga Terhadap Kejadian Stunting pada Balita dengan Ibu yang Overweight/Obesitas di Kota Semarang. -. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
Abstrak-Yohanete.pdf

Download (170kB)

Abstract

Latar Belakang : Beban gizi ganda (BGG) pada ranah rumah tangga merupakan kejadian ibu obese/overweight yang memiliki anak stunting, disebut dengan Stunted Children Overweight/ obesity Mother (SCOM). Stunting berdampak pada perkembangan otak, pertumbuhan fisik, dan metabolisme, sementara obesitas berakibat hipertensi, jantung koroner, dan diabetes tipe 2. Banyak faktor yang menyebabkan Stunted Children Overweight/obesity Mother (SCOM) seperti karakteristik ibu dan keluarga. Tujuan dari penelitian mengetahui faktor yang berhubungan dengan kejadian Stunted Children Overweight/obesity Mother (SCOM).

Metode : Penelitian observasional dengan desain cross-sectional. Sampel dipilFfih menggunakan purposive sampling dengan jumlah subjek 25 tiap kelompok dan total 50 subjek. Data karakteristik ibu dan keluarga diperoleh melalui wawancara menggunakan kuesioner yang telah divalidasi sebelumnya. Data tinggi badan ibu diperoleh melalui pengukuran menggunakan mikrotoa. Analisis bivariat menggunakan Chi-Square dengan melihat Odds Ratio (OR) dan multivariat dengan regresi logistik ganda.

Hasil : Hasil bivariat menunjukan kecukupan asupan energi dan karbohidrat pada balita, serta pendidikan ibu berhubungan signifikan dengan kejadian Stunted Children Overweight/obesity Mother (SCOM). Uji multivariat menunjukkan hubungan signifikan antara variabel tinggi badan ibu dan pendidikan ibu terhadap kejadian Stunted Children Overweight/obesity Mother (SCOM). Ibu dengan tinggi badan < 150 cm beresiko 4,613 kali mengalami Stunted Children Overweight/obesity Mother (SCOM) dan pendidikan ibu yang tergolong dasar serta menengah beresiko 8,205 kali mengalami Stunted Children Overweight/obesity Mother (SCOM).

Simpulan : Faktor utama yang berhubungan dengan kejadian Stunted Children Overweight/obesity Mother (SCOM) adalah tinggi badan ibu dan pendidikan ibu.

Kata Kunci : Karakteristik ibu; Karakteristik keluarga; Pendidikan ibu; Stunted Children Overweight/obesity Mother (SCOM); Tinggi badan ibu.

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 31 May 2023 09:08
Last Modified: 31 May 2023 09:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13234

Actions (login required)

View Item View Item