Search for collections on Undip Repository

PENGARUH EDUKASI PENCEGAHAN ANEMIA MELALUI INSTAGRAM TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SANTRI PUTRI TERKAIT KONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH

BAROROH, ADIKA JUITA ‘ALIMIA (2023) PENGARUH EDUKASI PENCEGAHAN ANEMIA MELALUI INSTAGRAM TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SANTRI PUTRI TERKAIT KONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ADIKA.pdf - Published Version

Download (494kB)

Abstract

Latar belakang: Anemia merupakan salah satu penyebab tidak langsung dari kematian ibu. Puskesmas Rowosari menempati urutan ketiga dalam prevalensi anemia remaja tertinggi di Kota Semarang tahun 2020. Salah satu upaya pemerintah dalam menurunkan angka anemia adalah dengan program suplementasi tablet tambah darah bagi remaja putri dan wanita usia subur di institusi Pendidikan, termasuk pesantren. Promosi kesehatan diperlukan dalam upaya pencegahan anemia di pondok pesantren. Tingginya angka pengguna media sosial Instagram pada santri putri Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu menjadi peluang untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap santri putri terkait anemia dan konsumsi TTD.
Tujuan: Menganalisis pengaruh pemberian edukasi pencegahan anemia melalui media Instagram terhadap pengetahuan dan sikap santri putri terkait konsumsi tablet tambah darah di Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan rancangan non-equivalent control group. Populasi penelitian adalah santri putri Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu dan Pondok Pesantren Nurul Hikmah dengan total sampel 66 responden yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Intervensi dilakukan menggunakan media sosial Instagram.
Hasil: Setelah intervensi, terdapat peningkatan skor pengetahuan (1.46±0.52) dan sikap (1.697±2.733) pada kelompok eksperimen. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan pengetahuan kelompok eksperimen sebelum dan sesudah intervensi (p=0,003). Hasil uji paired t-test menunjukkan ada perbedaan sikap kelompok eksperimen sebelum dan sesudah intervensi (p=0,001).
Kesimpulan: Edukasi pencegahan anemia melalui Instagram meningkatkan pengetahuan dan sikap santri putri terkait anemia dan konsumsi TTD.

Kata kunci : anemia, instagram, pengetahuan, remaja, santri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 31 May 2023 09:02
Last Modified: 31 May 2023 09:02
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13233

Actions (login required)

View Item View Item