Search for collections on Undip Repository

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA TRANSJAKARTA PADA MASA PANDEMI

RACHMADYANINGRUM, RENNA (2022) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA TRANSJAKARTA PADA MASA PANDEMI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (438kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (718kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (760kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB)

Abstract

Pelayanan pada sektor jasa selalu mengalami perkembangan setiap tahunnya hingga menjadi salah satu perhatian besar bagi pemerintah untuk menciptakan pelayanan yang berkualitas, salah satunya dibidang transportasi. DKI Jakarta sebagai pusat ibukota membutuhkan transportasi memadai dalam menunjang aktivitas perekonomian, karena keberadaan transportasi tersebut saling mendukung satu sama lain untuk melayani kebutuhan penduduk. Transjakarta menjadi salah satu transportasi umum massal di DKI Jakarta yang diharapkan mampu memberikan pelayanan yang cepat, aman, nyaman, dan efisien. Sejak virus COVID-19 masuk ke Indonesia, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk membatasi segala bentuk operasional pada transportasi umum yang beroperasi di tengah pandemi, salah satunya Transjakarta. Pembatasan operasional tersebut, menimbulkan adanya keluhan masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Keluhan tersebut meliputi, antrian panjang di halte, tidak adanya social distancing didalam bus, beberapa rute tidak beroperasi, serta jadwal kedatangan bus yang tidak pasti. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kualitas pelayanan jasa Transjakarta pada masa pandemi dilihat dari tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan jasa Transjakarta pada masa pandemi masih rendah. Hal ini disebabkan karena ada tiga dimensi yang masih belum optimal, yaitu dari tangible menunjukkankurangnya sarana dan prasarana di halte (berkaitan protokol kesehatan), dari reliability menunjukkan belum akuratnya waktu mengenai jadwal kedatangan bus, dan dari assurance masih ditemukan tindakan pelecehan seksual yang dilakukan secara verbal oleh petugas. Saran yang diberikan oleh peneliti, yaitu memperbanyak dan lebih memperhatikan kembali sarana dan prasarana baikdi halte (berkaitan protokol kesehatan), bekerja sama dengan pihak Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta,dan meningkatkan pengawasan yang lebih terhadap kinerja petugas Transjakarta dalam bertugas di lapangan.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Transjakarta, Pandemi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 30 May 2023 06:17
Last Modified: 30 May 2023 06:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13191

Actions (login required)

View Item View Item