Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Kontrol Diri dengan Perilaku Phubbing pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro Angkatan 2019

Putri, Arantza Karisma and Indrawati, Endang Sri (2023) Hubungan antara Kontrol Diri dengan Perilaku Phubbing pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro Angkatan 2019. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
Arantza_Abstrak.pdf

Download (299kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan perilaku phubbing pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro angkatan 2019. Perilaku phubbing adalah individu yang melihat smartphone saat sedang berinteraksi dengan orang lain, sibuk memainkan smartphone sehingga mengabiakan komunikasi interpersonal (Karadag et al., 2015). Kontrol diri adalah kemampuan seseorang untuk mengubah dan mengatur perilaku serta informasi yang diinginakan ataupun yang tidak diinginkan, sehingga seseorang dapat menentukan tindakan sesuai dengan yang diyakini. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 150 mahasiswa dengan sampel penelitian 108 mahasiswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Karakteristik responden penelitian yaitu mahasiswa aktif ilmu komunikasi angkatan 2019 dan aktif menggunakan smartphone. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Skala Kontrol Diri (32 aitem, α = 0,929) dan Skala Perilaku Phubbing (32 aitem, α = 0,936). Analisis data dengan menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan terdapat hubungan negatif antara kontrol diri dengan perilaku phubbing (rxy = -0,424 dengan nilai signifikansi p = 0,000). Kontrol diri memberikan sumbangan efektif sebesar 18% terhadap perilaku phubbing, sedangkan 82% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:16
Last Modified: 05 Feb 2024 03:16
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13189

Actions (login required)

View Item View Item