Search for collections on Undip Repository

STRATEGI OPTIMASI PEMANFAATAN SUMBERDAYA USAHATANI PADI DAN SAPI POTONG UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN RUMAHTANGGA PETANI DI KABUPATEN GROBOGAN

Ekowati, Titik and Prasetyo, Edy and Handayani, Migie (2017) STRATEGI OPTIMASI PEMANFAATAN SUMBERDAYA USAHATANI PADI DAN SAPI POTONG UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN RUMAHTANGGA PETANI DI KABUPATEN GROBOGAN. Project Report. Universitas Diponegoro, KABUPATEN GROBOGAN. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelirian)
TITIK EKOWATI_RPP'17_LAPORAN AKHIR.doc
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Rumahtangga petani umumnya berusahatani pada sub-sektor pertanian tanaman pangan dan sub-sektor peternakan belum sepenuhnya melaksanakan pendekatan sistem agribisnis dengan baik, sehingga efisiensi usahatani belum tercapai yang akhirnya berdampak belum optimalnya usahatani yang dilakukan. Penelitian bertujuan untuk 1. mengembangkan model optimasi usahatani padi dan sapi potong, 2. menganalisis sensitifitas dan simulasi perubahan harga input, harga output, dan penggunaan sumberdaya terhadap model optimal; dan 3. menganalisis strategi optimasi usahatani padi dan ternak sapi potong untuk peningkatan kesejahteraan petani. Penelitian menggunakan metode survey dengan mengambil lokasi penelitian Kabupaten Grobogan, dari kabupaten terpilih diambil dua kecamatan dan tiap kecamatan diambil satu desa. Quota sampling method dilakukan untuk menentukan jumlah sampel petani padi sawah dan peternak sapi potong induk-anak tanpa menghitung jumlah populasi sebagai sample frame. Jumlah responden setiap desa adalah 40 petani sehingga total responden 80 petani. Data dianalisis dengan pendekatan linear programing serta deskriptif untuk menentukan strategi optimasi usahatani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi optimum dicapai pada luas lahan 0,45 ha, pemeliharaan induk sapi potong lokal 2,75 UT dan Non lokal 1,483 UT dengan maksimum pendapatan Rp 52.112.440/th. Hasil simulasi perubahan penggunaan input menunjukkan bahwa penambahan luas lahan 0,25% yaitu dari 0,45ha menjadi 0,6ha memberikan perubahan pada skala usaha ternak 0,018% dan pendapatan sebesar 14,78%, yakni dari Rp 52.112.440,- menjadi Rp 61.152.910,-. Perubahan hasil solusi optimal hasil simulasi menunjukkan bahwa petani peternak masih mempunyai kemampuan untuk mengembangkan usahataninya.

Key words : optimasi, padi, rumahtangga petani, sapi potong, sensitivitas dan simulasi

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Animal and Agricultural Sciences
Divisions: Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
Depositing User: Suci Nareni Agribisnis
Date Deposited: 29 May 2023 05:06
Last Modified: 29 May 2023 05:06
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13157

Actions (login required)

View Item View Item