Search for collections on Undip Repository

PEMBAGIAN URUSAN ANTARA PEMERINTAH PUSAT DAN PEMERINTAH DAERAH DALAM BIDANG PENDIDIKAN DI KABUPATEN BIMA NTB. - 011 HTN 2023

HUDA, MIFTAHUL and Diamantina, Amalia and Soemarmi, Amiek (2023) PEMBAGIAN URUSAN ANTARA PEMERINTAH PUSAT DAN PEMERINTAH DAERAH DALAM BIDANG PENDIDIKAN DI KABUPATEN BIMA NTB. - 011 HTN 2023. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Otonomi Daerah adalah hak, wewenang dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahannya serta kepentingan masyarakat setempat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia, hal tersebut dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 pasal 1 ayat (6). Adapun urusan bidang pendidikan juga telah dilakukan pembagian kewenangan antara pemerintah pusat dan
pemerintah daerah, demikian juga halnya dengan enyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Bima NTB.
Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis normatif, dengan menggunakan spesifikasi penelitian yang bersifat deskriptif analitis, serta menggunakan data sekunder yang meliputi bahan hukum primer; bahan hukum sekunder; dan bahan hukum tersier. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan diperkuat dengan wawancara dengan pihak terkait.
Hasil dari penelitian diperoleh bahwa tugas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam bidang pendidikan telah dibagi ke dalam 6 sub bagian meliputi manajemen pendidikan; kurikulum; akreditasi; pendidikan dan tenaga kependidikan; perizinan pendidikan; serta bahasa dan sastra. Dalam upaya pengelolaan pendidikan di pemerintah kabupaten Bima dibentuk Peraturan Daerah Kabupaten Bima Nomor 3 Tahun 2012 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala, seperti dalam segi sumber daya manusia di bidang tenaga pendidik, terbatasnya sarana dan prasarana, manajemen pendidikan maupun rendahnya kesadaran orang tua untuk memperhatikan tingkat pendidikan anak.
Kata kunci: Otonomi Daerah, Pendidikan, Dinas Pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:04
Last Modified: 08 Nov 2023 03:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13150

Actions (login required)

View Item View Item