Search for collections on Undip Repository

PENGARUH STRATEGI PEMASARAN MARKETING 4.0 TERHADAP PENGGUNAAN LAYANAN TELEMEDICINE MELALUI APLIKASI HALODOC DI KOTA BOGOR

RAHMASARI, FARAH FAUZIAH (2023) PENGARUH STRATEGI PEMASARAN MARKETING 4.0 TERHADAP PENGGUNAAN LAYANAN TELEMEDICINE MELALUI APLIKASI HALODOC DI KOTA BOGOR. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO FARAH FAUZIAH.pdf - Published Version

Download (499kB)

Abstract

Tren menunjukan adanya peningkatan jumlah kunjungan pada aplikasi Telemedicine, puncaknya yaitu ketika awal ditemukannya kasus Covid-19 pada Maret 2020. Halodoc adalah layanan Telemedicine yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Meredanya pandemi Covid-19 dan kembalinya aktivitas masyarakat pada layanan kesehatan merupakan suatu tantangan serta peluang bagi penyedia layanan Telemedicine. Pemasaran merupakan salah satu aspek yang dapat memengaruhi keputusan seseorang dalam membeli dan menggunakan produk atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi pemasaran Marketing 4.0 (Co-creation, Currency, Communal Activation, dan Conversation) terhadap penggunaan layanan Telemedicine melalui aplikasi Halodoc di Kota Bogor. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel penelitian 270 responden pengguna layanan Telemedicine melalui aplikasi Halodoc di Kota Bogor. Pengambilan sampel dilakukan dengan accidental sampling, instrumen yang digunakan yaitu kuesioner yang telah diuji validitas menggunakan uji Pearson Product Moment dan reabilitas menggunakan uji Alpha Cronbach. Hasil data yang didapatkan dianalisis menggunakan uji regresi logistik. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa strategi pemasaran Marketing 4.0 yang terbukti berpengaruh terhadap penggunaan layanan Telemedicine melalui aplikasi Halodoc di Kota Bogor yaitu Co-creation (Sig.= 0,016) dan Conversation (Sig.= 0,028), sedangkan strategi Currency (Sig.= 0,216) dan Comunal Activation (Sig.= 0,152) tidak berpengaruh. Secara bersama-sama strategi pemasaran Marketing 4.0 berpengaruh terhadap penggunaan layanan Telemedicine melalui aplikasi Halodoc di Kota Bogor (Sig.= 0,000). Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada aplikasi Halodoc sebagai penyedia layanan Telemedicine agar dapat mempertahankan, mengevaluasi, mengembangkan, dan menyusun strategi pemasaran yang efektif serta berkelanjutan sehingga diharapkan dapat meningkatkan penggunaan layanan Telemedicine melalui aplikasi Halodoc di Kota Bogor.

Kata kunci : Marketing 4.0, layanan Telemedicine, strategi pemasaran, pemasaran jasa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 29 May 2023 01:05
Last Modified: 29 May 2023 01:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13144

Actions (login required)

View Item View Item