Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan kesejahteraan psikologis pada remaja penderita talasemia di RSUD Banyumas

Yunanza, Naufal Yasin and Widodo, Prasetyo Budi (2023) Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan kesejahteraan psikologis pada remaja penderita talasemia di RSUD Banyumas. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Naufal Yasin Yunanza_15000118120053_Abstrak Skripsi.pdf

Download (93kB)

Abstract

Talasemia merupakan penyakit kelainan pada sel darah merah yang membuat penderitanya mengalami kekurangan darah kronis. Hal ini mengakibatkan penderitanya harus menerima transfusi darah seumur hidupnya. Selain itu, penderita talasemia juga mengalami permasalahan dari segi fisik, sosial dan pendidikan, serta psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan kesejahteraan psikologis pada remaja penderita talasemia di RSUD Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 251 remaja penderita talasemia, dan jumlah sampel sebanyak 101. Sampel terdiri dari 47 remaja laki-laki dan 54 remaja perempuan, dengan rentang usia dari 12-17 tahun (M= 14,9). Teknik sampling yang dipakai adalah menggunakan accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode self report, dengan instrumen pengukuran berupa skala. Terdapat dua skala, yakni skala dukungan sosial keluarga (46 item, α = 0,943) dan skala kesejahteraan psikologis (22 item, α = 0,844). Analisis regresi sederhana digunakan sebagai metode analisis data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif (rxy = 0,479, p < 0,05) dengan koefisien F sebesar 29,415. Dukungan sosial keluarga memberikan sumbangan efektif sebanyak 22,9% (R Square = 0,229) terhadap kesejahteraan psikologis, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diketahui dalam penelitian ini. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial dari keluarga memiliki hubungan yang positif terhadap kesejahteraan psikologis pada remaja penderita talasemia di RSUD Banyumas. Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat, khususnya dalam memberikan pengetahuan dan masukan bagi remaja penderita talasemia dan keluarga, serta menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 08:12
Last Modified: 05 Feb 2024 08:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13132

Actions (login required)

View Item View Item