Search for collections on Undip Repository

RANCANG BANGUN UNMANNED SURFACE VEHICLE (USV) DAN PERFORMA RESISTANCE SEBAGAI PENDUKUNG SURVEY BAWAH LAUT DI WILAYAH LAUT KARIMUN JAWA

SAMUDRA, STEPHANUS TIMUR LINTANG (2023) RANCANG BANGUN UNMANNED SURFACE VEHICLE (USV) DAN PERFORMA RESISTANCE SEBAGAI PENDUKUNG SURVEY BAWAH LAUT DI WILAYAH LAUT KARIMUN JAWA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
S_Stephanus_TRKP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER_Stephanus_TRKP.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text
ABSTRAK_Stephanus_TRKP.pdf - Published Version

Download (28kB)

Abstract

Kapal tanpa awak dengan kontrol jarak jauh menjadi alat yang efisien untuk
menangani survei berisiko, seperti di perairan dangkal dan di sekitar garis pantai. Sistem ini
dapat mengisi kesenjangan data yang tidak dapat dilakukan oleh kapal survei hidrografi biasa.
Unmanned Surface Vehicle (USV) juga akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang
kontrol geologis dari keadaan pantai saat ini dan evolusi pantai. USV dapat digunakan untuk
berbagai jenis tugas dalam bidang aplikasi yang berbeda seperti intelijen pengawasan pantai,
keamanan pelabuhan dan perbatasan, otonom pencarian, sinyal transmisi antara udara dan
kendaraan bawah air, dan perlindungan kapal selam. Kapal yang bergerak maju diatas
gelombang akan mengalami suatu perlawanan yang disebut hambatan. Berdasarkan pada
proses fisiknya hambatan pada kapal yang bergerak di permukaan air terdiri dari dua
komponen utama yaitu tegangan normal (nomal stress) dan tegangan geser (tangential stress).
Tegangan normal berkaitan dengan hambatan gelombang (wave making) dan tegangan viskos.
Sedangkan tegangan geser disebabkan oleh adanya viskositas fluida. USV yang akan dibuat
menggunakan bentuk lambung bottom flat yang menjadikan kapal memiliki Cb dan hambatan
yang lebih besar daripada bentuk lambung U-Shape yang data utamanya didapatkan melalui
regresi data kapal pembanding dan didesain menggunakan software ship design.
Perhitungan hambatan menggunakan bantuan software Computational Fluid
Dynamic (CFD) yang merupakan salah satu cabang dari mekanika fluida yang menggunakan
metode numerik dan algoritma untuk menyelesaikan dan menganalisa permasalahan yang
berhubungan dengan aliran fluida. CFD bertujuan untuk memprediksi secara akurat tentang
aliran fluida, perpindahan panas, dan reaksi kimia dalam sistem yang kompleks. Proses
simulasi menggunakan konsep Steady State dan Multiphase.
Hambatan total kapal yang bekerja pada USV sebesar 7,322 N yang merupakan
jumlah dari residual resistance 1,29 N dan wake friction resistance sebesar 6,032 N dengan
kecepatan Fn 0,268. Dengan nilai hambatan tersebut diperlukan spesifikasi motor pendorong
dengan kekuatan 0,747 kg force.
Kata Kunci : Unmanned Surface Vehicle (USV), desain, tahanan kapal, CFD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Unmanned Surface Vehicle (USV), desain, tahanan kapal, CFD
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Ship Building
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 11 Aug 2023 04:48
Last Modified: 20 Sep 2023 03:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13122

Actions (login required)

View Item View Item