Search for collections on Undip Repository

ANALISIS TINGKAT PELAYANAN JALAN PADA RUAS JALAN MT. HARYONO KECAMATAN SEMARANG SELATAN KOTA SEMARANG

Dintar, Rhema Armen (2022) ANALISIS TINGKAT PELAYANAN JALAN PADA RUAS JALAN MT. HARYONO KECAMATAN SEMARANG SELATAN KOTA SEMARANG. Diploma thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_Rhema Armen Dintar.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Jalan MT. Haryono merupakan jalan kolektor sekunder yang menghubungkan antara
Kecamatan Candisari, Kecamatan Semarang Selatan, dan Kecamatan Semarang Tengah.
Penelitian ini mengambil ruas Jalan MT. Haryono dari perempatan Java Mall hingga pertigaan
Telkom Indonesia. Ruas jalan ini memiliki tipe jalan empat lajur dua arah terbagi. Ruas jalan ini
memiliki aktivitas perdagangan dan jasa dengan pusat aktivitasnya adalah Pasar Peterongan.
Adanya pasar ini mengakibatkan hambatan samping semakin tinggi hingga berpotensi
mengakibatkan gangguan arus lalu lintas. Pemotongan bahu jalan sebagai lahan parkir, dan
adanya kendaraan umum yang berkeliling pasar membuat kinerja ruas jalan menjadi terganggu.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai Level of Service (LOS) dari ruas
jalan pada lokasi penelitian. Hal yang perlu diidentifikasi demi mencapai tujuan tersebut meliputi
geometri jalan, jumlah volume lalu lintas, dan hambatan samping. Dalam mengidentifikasi
variabel-variabel tersebut diperlukan observasi dan panduan dari MKJI 1997 dan RSNI-T-14-
2004.
Penelitian ini menggunakan metoda analisis kuantitatif. Data kuantitatif didapat dari
observasi langsung ke lapangan. Untuk mendapatkan data kinerja ruas jalan diperlukan data
volume kendaraan menggunakan teknik traffic counting. Traffic counting dilakukan pada tiga
waktu dalam tiga hari yang berbeda. Data yang didapat kemudian dihitung menggunakan rumus
berdasarkan standar Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 dan RSNI-T-14-2004.
Ruas Jalan MT. Haryono dibagi menjadi 2 potongan jalan. Potongan jalan pertama
membentang dari perempatan Java Mall hingga Pasar Peterongan, sedangkan potongan jalan
ke dua membentang dari Pasar Peterongan hingga Telkom Indonesia. Berdasarkan identifikasi
dan analisis yang telah dilakukan, volume kendaraan tertinggi yang melewati potongan jalan
pertama berada di Hari Minggu jam 16.00 – 17.00 WIB yaitu sejumlah 5.193,4 smp/jam.
Hambatan samping tertinggi berada di Hari Minggu jam 07.00 – 08.00 WIB yaitu sejumlah 459
kejadian/jam. Kemudian diperoleh tingkat pelayanan jalan pada lokasi penelitian ini masih
termasuk dalam kategori D yaitu arus tidak stabil, kecepatan rendah dan berbeda-beda,
volume mendekati kapasitas. Sedangankan pada potongan jalan ke dua, puncak volume
kendaraan berada pada Hari Senin jam 07.00 – 08.00 WIB yaitu sejumlah 5.119,3 smp/jam.
Hampatan samping tertinggi berada di Hari Minggu jam 07.00 – 08.00 WIB dengan jumlah 381
kejadian. Nilai tingkat pelayanan jalan pada potongan jalan 2 adalah 0,85 dan masuk ke dalam
kategori D. Mengingat adanya Java Mall dan Pasar Peterongan pada sekitar ruas jalan ini, tingkat
pelayanan jalan pada ruas jalan ini terbilang rentan mengalami kemacetan dengan hasil yang
telah di dapatkan. Oleh karena itu, ketika ada kendaraan umum melambat di area pasar, terjadi
kemacetan lalu lintas. Sehingga perlu dilakukan penertiban terkait parkir di bahu jalan,
kendaraan melambat, dan fungsi trotoar yang beralih menjadi lahan parkir toko.
Kata Kunci : Tingkat Pelayanan Jalan, Volume Lalu Lintas, Kapasitas Jalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pelayanan Jalan, Volume Lalu Lintas, Kapasitas Jalan.
Subjects: Engineering
Engineering > Urban and Regional Planning
Divisions: School of Vocation > Diploma in Urban and Regional Planning
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 11 Aug 2023 04:48
Last Modified: 11 Aug 2023 04:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13095

Actions (login required)

View Item View Item