Search for collections on Undip Repository

PEMBENTUKAN PERATURAN DAERAH TAHUN 2021-2022 BERDASARKAN HAK INISIATIF ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN JEPARA_002 HTN 2023

ASHILAH, SARAH SALMA and Indarja, Indarja and Wardhani, Lita Tyesta Addy Listya (2023) PEMBENTUKAN PERATURAN DAERAH TAHUN 2021-2022 BERDASARKAN HAK INISIATIF ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN JEPARA_002 HTN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

DPRD memiliki fungsi legislasi yang diwujudkan dengan adanya pembentukan Peraturan Daerah (Perda) bersama dengan kepala daerah. Selain itu, dalam pembentukan Perda dapat dilakukan dengan menggunakan hak inisiatif yang dimiliki oleh setiap anggota DPRD untuk menyerap aspirasi masyarakat. Akan tetapi, pelaksanaan hak inisiatif tersebut belum dapat terlaksana secara optimal karena Ranperda mayoritas berasal dari usulan Pemerintah Daerah sebagaimana halnya yang terjadi di DPRD Kabupaten Jepara. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana tahapan dalam pembentukan Peraturan Daerah berdasarkan hak inisiatif yang dimiliki oleh DPRD Kabupaten Jepara, apa saja yang menjadi faktor penghambat dalam pembentukan Peraturan Daerah Inisiatif, serta upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan tersebut. Dalam penulisan ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Data diperoleh dari studi pustaka dan wawancara untuk melengkapi data yang tidak diperoleh melalui studi kepustakaan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa DPRD Kabupaten Jepara memiliki 4 (empat) tahap pembentukan Perda Inisiatif yang telah sesuai dengan ketentuan di Tata Tertib DPRD Kabupaten Jepara. Namun, dalam pengimplementasiannya, hanya terdapat 3 (tiga) usulan Ranperda Inisiatif selama periode 2021-2022, yaitu Rancangan Peraturan Daerah tentang Tata Cara Penyusunan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda), Pesantren, dan Penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Hal ini disebabkan karena adanya inkonsistensi sistem dan memakan waktu yang sangat lama dalam pembentukan Ranperda Inisiatif, kurangnya koordinasi antara DPRD dan Pemerintah Daerah, serta SDM yang kurang memadahi, sehingga upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi hambatan tersebut yaitu meningkatkan kemampuan dalam menjalakan fungsi legislasi, seperti melalui kegiatan pelatihan Legal Drafting, sehingga proses legislasi di DPRD Kabupaten Jepara dapat berjalan dengan baik dan cepat.
Kata Kunci : Pembentukan Peraturan Daerah, Hak Inisiatif Anggota DPRD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:53
Last Modified: 08 Nov 2023 03:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13090

Actions (login required)

View Item View Item