Search for collections on Undip Repository

PELAKSANAAN PEMILIHAN KEPALA DESA SERENTAK TAHUN 2019 DI DESA LEMBANG KECAMATAN LELES KABUPATEN GARUT_003 HTN 2023

MAWARNI, TANIA TRI and Indarja, Indarja and Soemarmi, Amiek (2023) PELAKSANAAN PEMILIHAN KEPALA DESA SERENTAK TAHUN 2019 DI DESA LEMBANG KECAMATAN LELES KABUPATEN GARUT_003 HTN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemilihan kepala desa merupakan hal penting yang berlangsung secara serentak di seluruh wilayah kabupaten/kota sesuai Pasal 31 ayat (1) UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa. Salah satu desa yang melaksanakan Pilkades serentak di Kabupaten Garut tahun 2019 yaitu Desa Lembang berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Garut Nomor 18 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa. Berdasarkan latar belakang dirumuskan permasalahannya yaitu bagaimana proses pelaksanaan Pilkades serentak di Desa Lembang dan hambatan-hambatan apa saja yang timbul dalam pelaksanaannya.
Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis normatif. Spesifikasi penelitian bersifat deskriptif analitis. Sumber data penelitian ini menggunakan data sekunder sebagai sumber utama. Metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan dan melalui wawancara dengan pihak-pihak terkait. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif.
Hasil penelitian ini bahwa proses pelaksanaan pilkades serentak di Desa Lembang dilaksanakan pada tanggal 5 November 2019 dengan melalui 4 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pencalonan, tahap pemungutan suara, dan tahap penetapan. Terdapat 4 bakal calon yang mengajukan menjadi calon Kepala Desa diantaranya Bapak Rahmat, Bapak Jalaludin S.IP., Bapak Juju dan Bapak Mohamad Zakaria. Perolehan suara terbanyak yaitu Bapak Rahmat dengan perolehan suara sah yaitu 1.135. Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaanya yaitu rendahnya sumber daya manusia yang dimiliki oleh panitia pilkades, tidak adanya pembatasan dana kampanye, dan perselisihan hasil pilkades.
Saran dari permasalahan ini, bagi panitia pilkades untuk memaksimalkan kinerjanya dan lebih aktif jika terjadi pelanggaran selama berlangsungnya proses pilkades. Bagi masyarakat sebaiknya memilih berdasarkan hati nuraninya berdasarkan kelayakan dan kompetensi yang dimiliki para calon Kepala Desa.
Kata kunci : Pilkades Serentak, Desa Lembang, dan Tahapan Pilkades

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:52
Last Modified: 08 Nov 2023 03:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13081

Actions (login required)

View Item View Item