Search for collections on Undip Repository

TUGAS DAN FUNGSI KEPALA DESA DALAM PEMBINAAN KEMASYARAKATAN DI DESA NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG MENURUT PERATURAN DESA NGADIREJO NOMOR 3 TAHUN 2017 TENTANG KEDUDUKAN, SUSUNAN ORGANISASI, TUGAS DAN FUNGSI SERTA TATA KERJA PEMERINTAHAN DESA_004 HTN 2023

Syarifa, Nabila and Soemarmi, Amiek and Wisnaeni, Fifiana (2023) TUGAS DAN FUNGSI KEPALA DESA DALAM PEMBINAAN KEMASYARAKATAN DI DESA NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG MENURUT PERATURAN DESA NGADIREJO NOMOR 3 TAHUN 2017 TENTANG KEDUDUKAN, SUSUNAN ORGANISASI, TUGAS DAN FUNGSI SERTA TATA KERJA PEMERINTAHAN DESA_004 HTN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemerintah desa diberikan kesempatan yang besar guna mengelola pemerintahannya masing-masing sesuai dengan Undang-Undang Desa. Kepala desa melaksanakan pembinaan kemasyarakatan terkait dengan bagaimana partisipasi masyarakat dan mampu ada peningkatan taraf hidup masyarakat. Desa Ngadirejo belum optimal dalam pembinaan kemasyarakatan, seperti kurang terstrukturnya pembagian lembaga dan masih minimnya partisipasi dari masyarakat. Maka, permasalahan dirumuskan yaitu tugas dan fungsi kepala desa dalam pembinaan kemasyarakatan serta faktor keberhasilan dan hambatan pelaksanaan pembinaan kemasyarakatan oleh Kepala Desa.
Metode pendekatan yang digunakan penulis adalah yuridis empiris. Spesifikasi penelitian bersifat deskriptif analitis. Sumber data penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan studi pustaka. Kemudian, Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif.
Hasil penelitian yang dilakukan yaitu pelaksanaan pembinaan kemasyarakatan di Desa Ngadirejo dibagi menjadi 4 sub bidang yakni, Sub Bidang Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat sebagaimana selalu terkait dengan perlindungan masyarakat dan penguatan sarana dan prasarana keamanan desa; Sub Bidang Keagamaan dan Kebudayaan yang terkait dengan pengadaan tempat ibadah dan pembinaan grup kesenian; Sub Bidang Kepemudaan dan Olahraga akan berhubungan dengan pembinaan organisasi kepemudaan dan pemeliharaan sarana prasarana keolahragaan; dan Sub Bidang Kelembagaan Masyarakat dilihat dari operasional kelembagaan. Faktor keberhasilan pelaksanaan pembinaan terkait dengan kondisi masyarakat dan juga dari pemerintahan desanya terutama kepala desa. Hambatan pembinaan kemasyarakatan dilihat dari hambatan yuridis dan non-yuridis.
Saran dari permasalahan ini, para aparatur pemerintah desa Ngadirejo perlu menyelenggarakan pembinaan kepada masyarakat setempat sesuai dengan kondisi masyarakatnya atau usulan dari masyarakatnya, karena masyarakat lebih mengetahui mengenai kondisinya sendiri sehingga dari pemerintahan desa sebagai penyelenggaraa harus harus membuat arah kebijakan yang baik agar dari pembinaan tersebut mampu untuk konsisten dijalankan dan membuahkan hasil yang baik pula.
Kata kunci: Pembinaan Kemasyarakatan, Desa Ngadirejo, dan Kepala Desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:51
Last Modified: 08 Nov 2023 03:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13074

Actions (login required)

View Item View Item